Teknologi Kampas Rem Pesawat Digunakan di Mobil, Apa Kelebihannya?

Jum'at, 03 November 2023 - 09:00 WIB
loading...
Teknologi Kampas Rem Pesawat Digunakan di Mobil, Apa Kelebihannya?
Bendix mengklaim menggunakan teknologi yang ada di pesawat untuk kampas rem mereka yang tahan panas. Foto: Bendix Indonesia
A A A
JAKARTA - Sistem pengereman merupakan komponen terpenting dalam sebuah kemdaraan bermotor. Fungsinya untuk melambatkan laju hingga kendaraan berhenti.
Berkaitan langsung dengan keselamatan berkendara, setiap produsen kampas rem terus meningkatkan teknologi.

Hal ini untuk meningkatkan keamanan berkendara, sekaligus memastikan produk yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Salah satu produsen yang berfokus pada sistem pengereman, Bendix, mengaplikasikan teknologi kampas rem pesawat terbang pada produk yang ditujukan untuk mobil penumpang.

Kampas Rem Bendix memiliki beberapa varian, dengan produk unggulan General CT yang memiliki ketahanan panas mencapai 380 derajat celcius yang dilengkapi dengan teknologi Hybrid Fusion pergabungan antara STEALTH Advanced Technology, Ceramic Technology, Blue Titanium Stripe, dan Fibre Impregnated Rubber Steel Shims.

Kampas rem tersebut satu-satunva yang menggunakan teknologi Blue Titanium Stripe, menjadikan rem tidak perlu masa break-in atau inreyen.
Ini merupakan salah satu teknologi pengereman pada pesawat untuk membuat rem lebih maksimal dan efisien.

"Stripe biru itu merupakn titanium, jadi fungsinya membuat kampas rem langsung bisa bekerja tanpa perlu inreyen. Bayangkan kalau pesawat harus inreyen setelah ganti kampas rem, kan tidak mungkin," kata Timmy, General Manager PT Sumber Berkat Pratama, selaku distributor Bendix di Indonesia di Jakarta Barat, Kamis (2/11).

Teknologi Kampas Rem Pesawat Digunakan di Mobil, Apa Kelebihannya?

Bendix merupakan produsen kampas rem yang didirikan sejak 1923 di Amerika Serikat, yang menyuplai komponen rem pesawat Boeing. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan

"Bendix ini mulai fokus pada pengereman pada 1923. Pada saat itu, industri otomotif mengiblat ke teknologi pesawat. Bendix dimulai dari pengereman pesawat, bahkan sampai hari dipakai manufaktur pesawat terbesar di dunia," kata Rachmat Dwinata selaku perwakilan Bendix di Indonesia.

"Soal stripe biru yang ada di permukaan kampas rem, itu sulit dipalsukan. Memang terlihat hanya sekadar cat, tapi itu titanium. Kalau cat biasa itu akan mengelupas, tapi kalau yang ini tidak. Jadi itu yang membedakan produk asli dan palsu," tambahnya.



Kampas rem Bendix untuk mobil penumpang dikatakan Timmy tersedia untuk semua jenis mobil yang beredar di Indonesia. Soal harga, ia memastikan sangat terjangkau dan bersaing dengan produk lainnya.

"Kita menyediakan untuk semua jenis mobil, kira-kira 98 persen model yang ada di Indonesia kita punya. Untuk mobil Jepang dan Eropa kita punya, mungkin untuk model-model yang memang jarang ditemui di jalan kita tidak punya tapi selebihnya ada," ujar Timmy.

"Untuk harganya sangat terjangkau. Kalau varian General GT ini produk tertinggi yang kita jual gak sampai Rp500 ribu (4 pieces),"sambungnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3273 seconds (0.1#10.140)