Viral Tanjakan Spongebob, Ini Cara Menaklukkannya

Sabtu, 04 November 2023 - 22:42 WIB
loading...
Viral Tanjakan Spongebob, Ini Cara Menaklukkannya
Tanjakan Spongebob berlokasi di Bandung arah kawasan wisata Lembang. (Foto: Instagram)
A A A
BANDUNG - Tanjakan Spongebob, jalur alternatif dari Kota Bandung ke kawasan wisata Lembang, belakangan viral di media sosial lantaran cukup curam sehingga banyak mobil kesulitan menaklukkan.

Beberapa mobil bahkan sampai mundur karena tidak kuat menanjak. Seperti terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram @mobilngakak, mobil berjenis MPV tampak tidak kuat melalui tanjakan curam tersebut.

Nama Tanjakan Spongebob sendiri mengacu pada tayangan animasi di televisi, di mana dalam salah satu adegannya ada sebuah jalan lurus dengan tanjakan curam.

Menanggapi hal tesebut, Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) mengatakan ada teknik sederhana untuk menaklukkan tanjakan. Kendati begitu, diperlukan seorang pengendara berpengalaman untuk melewati tanjakan curam.



“Momentum menjadi kuncinya. Mobil jenis apa pun bisa dengan mudah melaluinya jika momentumnya tepat. Artinya, misal pengemudi memacu kendaraannya 20 meter sebelum tanjakan, sudah pasti bisa melewatinya dengan mulus,” kata Sony.

Sony mengatakan melewati jalan menanjak sebenarnya lebih mudah dilakukan dengan mobil transmisi manual. Namun, saat ini mobil yang beredar sebagian besar menggunakan transmisi otomatis sehingga harus memperhatikan putaran mesin agar mobil kuat menanjak.

“Selain momentum, pengemudi harus memahami karakter mobil yang digunakannya. Khusus untuk mobil dengan transmisi otomatis dengan CVT, pengemudi harus mengambil ancang-ancang dari jarak jauh agar putaran mesin (rpm) tidak turun,” ujarnya.



Ketika kondisi jalan padat saat melewati tanjakan , Sony mengimbau agar pengemudi tidak terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Kondisi ini bisa berbahaya karena berisiko kecelakaan akibat mobil mundur karena tak kuat menanjak.

“Kalau bisa kasih jarak 20-30 meter, hindari jalan beriringan. Mobil yang tenaganya besar juga belum tentu bisa menaklukkan tikungan itu, meski sudah menggunakan ban M/T atau H/T sekali pun. Intinya pengemudi harus memahami karakter mobil dan bisa memanfaatkan momentum,” ujarnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)