Paling Susah Dicuri, Ini Rahasia Keamanan Mobil Tesla

Senin, 06 November 2023 - 06:52 WIB
loading...
Paling Susah Dicuri, Ini Rahasia Keamanan Mobil Tesla
Mobil listrik Tesla sudah terbukti sebagai kendaraan paling sulit dicuri. (Foto: Electrek)
A A A
JAKARTA - Tak sekedar klaim, mobil listrik Tesla sudah terbukti sebagai kendaraan yang paling susah dicuri. Highway Loss Data Institute mencatat mobil-mobil listrik Tesla berada di peringkat teratas kendaraan paling sedikit dicuri.

Dari total 18.000 laporan pencurian yang diterima kepolisian hingga 23 Oktober 2023, mobil listrik Tesla paling sedikit yang berhasil dicuri.

Rahasia Keamanan Mobil Listrik Tesla

Tesla telah membangun sistem pertahanan canggih agar maling tidak mudah membobol dan membawa kabur mobil listrik produksi mereka. "Untuk mencuri mobil ada dua tantangannya yakni masuk ke dalam mobil dan menyalakannya. Tesla justru membuat dua hal itu tidak mungkin dilakukan jika bukan oleh pemiliknya," tulis situs Carsifu, Senin (6/11/2023).

Pertama, Tesla memiliki fitur Sentry Mode di setiap mobil listrik produksinya. Fitur itu dibuat agar pemilik Tesla bisa mengawasi aktivitas mencurigakan di sekitar mobil.



Pencuri tidak akan tahu bahwa kamera dan sensor eksterior mobil listrik Tesla selalu bekerja dan merekam berbagai aktivitas tak terduga. Apabila terjadi gangguan yang tidak diketahui, pemilik mobil akan langsung diberitahu melalui ponsel pintarnya.

Jelasnya, sistem jenis ini memiliki segala yang diperlukan untuk mencegah pencuri menerobos masuk, misalnya dengan memecahkan jendela atau membuka paksa pintu.

Kedua, mobil listrik Tesla memiliki sensor intrusi. Sensor intrusi itu justru bekerja ketika ada orang yang tidak dikenal memaksa masuk ke dalam mobil. Sensor akan mengaktifkan video dan merekam aktivitas di dalam mobil dan mengirimkannya ke kepolisian.

Seramnya lagi, fitur itu akan memberi tahu ke pencuri bahwa rekaman sudah dikirim ke pihak kepolisian saat pencurian berlangsung. Terakhir yang bikin Tesla semakin bikin pencuri pusing kepala adalah sistem keamanan tambahan dengan kode PINto Drive. Jadi pengemudi diwajibkan memasukkan empat digit kode rahasia agar mobil bisa menyala.



Sistem keamanan yang berlapis itu memang bisa saja dijebol oleh pencuri ahli. Hanya saja Tesla tidak langsung lepas tangan. GPS mobil akan selalu aktif dan diklaim tidak bisa dimatikan sepihak. Pemilik Tesla bisa melacak mobil melalui aplikasi seluler khusus. "Faktanya, Tesla yang dicuri mudah ditemukan oleh lembaga penegak hukum, karena dapat dilacak," tulis Carsifu.

Namun, sistem keamanan mobil listrik Tesla tidak sempurna. Mereka pun tak segan menantang dan membayar para hacker untuk mengidentifikasi kelemahan keamanan pun dalam sistem andalannya. Hal itu dilakukan agar sistem keamanan selalu update dan memberikan proteksi tinggi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)