6 Penyebab Spul Motor Matik Rusak yang Perlu Diketahui

Rabu, 08 November 2023 - 10:07 WIB
loading...
6 Penyebab Spul Motor Matik Rusak yang Perlu Diketahui
Penyebab spul motor matik rusak penting diketahui pengguna motor supaya dapat melakukan pencegahan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyebab spul motor matik rusak perlu diketahui setiap pemilik kendaraan. Hal ini penting agar pengguna dapat melakukan tindak pencegahan.

Jika spul motor matik mengalami kerusakan maka sistem pengisian sepeda motor bisa saja tidak berfungsi. Komponen ini sangat penting dalam sistem pengapian motor matik.

Spul motor matik biasanya terdiri dari beberapa bagian, termasuk spul pengisian (charging coil) dan spul pengapian (ignition coil). Secara singkat, spul pada sepeda motor bekerja seperti pembangkit tenaga listrik yang selanjutnya listrik tersebut akan disalurkan ke aki.



Tenaga listrik dari aki ini akan dihantarkan ke seluruh sistem kelistrikan sepeda motor. Biasanya, spul motor matik yang rusak akan muncul beberapa tanda seperti motor tidak bisa menyala, aki selalu melemah, dan sering kekurangan oli.

Sebelum mengalami beberapa ciri tersebut, sebaiknya para pengguna motor matik mengetahui penyebab yang membuat spul motor matik rusak.

Penyebab Spul Motor Matik Rusak


1. Overload


Penggunaan yang terlalu berat atau sering mengendarai motor matik dengan muatan berlebihan dapat menyebabkan overheating dan kerusakan pada spul motor.

2. Melewati Umur Pakai


Spul motor memiliki umur pakai terbatas. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, kualitas isolasi pada kawat-kawat dalam spul dapat menurun, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan.


3. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai


Penyesuaian bahan bakar untuk motor ini memang penting. Sebab, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai atau pengaturan bahan bakar yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada spul pengapian.

4. Kontaminasi


Debu, kotoran, dan kelembaban dapat merusak spul motor matik seiring waktu. Ini dapat terjadi jika motor terpapar elemen-elemen ini dalam kondisi yang ekstrem atau jika perawatan tidak dilakukan dengan baik.

5. Kelembapan


Kelembapan yang berlebihan atau paparan air yang berkepanjangan dapat menyebabkan korosi pada spul motor. Hal itu dapat membuat spul motor matik sering rusak.

6. Kualitas Komponen yang Buruk


Ketika melakukan penggantian spul motor, alangkah baiknya diganti dengan barang original dan berkualitas. Penggunaan komponen yang tidak berkualitas baik atau tidak asli dapat membuat spul lebih cepat rusak lagi.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)