Gabungkan Tenaga Hybrid dan Listrik, SYM PE3 Concept Diperkenalkan

Jum'at, 10 November 2023 - 17:30 WIB
loading...
Gabungkan Tenaga Hybrid dan Listrik, SYM PE3 Concept Diperkenalkan
SYM PE3 Concept Diperkenalkan. FOTO/ SCMP
A A A
TAIPE - SYM baru-baru ini memperkenalkan produk inovatif mereka yang diberi nama SYM PE3 Concept, yang ditenagai oleh baterai aluminium-ion dan dapat diisi dayanya melalui mesin pembakaran atau melalui pengisian soket.

SYM memberikan solusi bagi kendaraan masa depan, dimana pada masa transisi menuju kendaraan bebas polusi, mereka menciptakan kendaraan inovatif dengan menggabungkan mesin bensin dan mesin listrik, atau mesin Hybrid.

Namun berbeda dengan sepeda motor hybrid pada umumnya yang mesin bensin lebih dominan dan mesin listrik hanya memberikan tenaga tambahan, SYM PE3 justru berbeda.

Skutik ini bergerak menggunakan mesin listrik bertenaga baterai, namun untuk mengisi ulang baterainya digunakan mesin bensin untuk mengisi baterainya, sehingga skutik ini diklaim lebih irit dan tidak ribet dalam mengisi ulang baterainya.

Selain itu, kata dia, baterai alumunium ini memiliki keunggulan lebih aman digunakan pada suhu rendah minus 40 derajat, dan pada suhu tinggi hingga 80 derajat Celcius.

SYM PE3 menggunakan motor listrik 4KW yang ditempatkan pada hub roda belakang dan cara pengisian baterai bekerja secara otomatis, dimana jika tegangan baterai sebesar 75V diturunkan hingga batas terendah 60V maka mesin bensin akan mulai mengisi daya secara otomatis.

Berdasarkan data pengujian, baterai yang terpasang di dalamnya mampu menempuh jarak 35 kilometer dengan menggunakan tenaga listrik murni.

Setelah mesin dihidupkan, baterai akan terisi saat kendaraan melaju, dengan satu liter bensin mampu membuat PE3 mampu melaju sejauh 90 kilometer.

Jadi, dengan kapasitas tangki bahan bakar internal 3 liter dan baterai yang terisi penuh, diperkirakan secara konservatif mampu menawarkan jangkauan lebih dari 300 kilometer.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)