Mobil Listrik Wuling BinguoEV Tidak Punya Ban Serep, Emang Boleh?

Sabtu, 18 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
Mobil Listrik Wuling BinguoEV Tidak Punya Ban Serep, Emang Boleh?
Alasan absennya ban serep di mobil listrik Wuling BinguoEV untuk mengincar bagasi yang sangat lebar. Foto: Wuling Indonesia
A A A
BSD - Wuling BinguoEV produksi Cikarang, Jawa Barat, resmi diperkenalkan di Indonesia. Uniknya, mobil listrik tersebut tidak dilengkapi dengan ban serep atau cadangan, apa alasannya?

Product Planning Wuling Motors Indonesia Danang Wiratmoko menjelaskan alasan tidak ada ban cadangan pada BinguoEV . Alasan utamanya adalah untuk memaksimalkan ruang, terutama pada bagasi.

Sebagai gantinya, Wuling telah memenuhi salah satu persyaratan Peraturan Menteri Perhubungan apabila tidak melengkapi ban cadangan, yaitu dengan menyediakan tire repair kit yang berfungsi untuk menambal ban.

“Binguo ini tidak dilengkapi ban serep, tapi nantinya akan diberikan tire repair kit yang akan diberikan secara gratis ke konsumen,” kata Danang saat ditemui di Tangerang, Banten, belum lama ini.

Mobil Listrik Wuling BinguoEV Tidak Punya Ban Serep, Emang Boleh?

Seperti diketahui, ban cadangan merupakan komponen penting yang ada pada sebuah kendaraan roda empat atau lebih.

Bahkan, itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor Pasal 14.

Di pasal 2, tertulis bahwa ban cadangan dapat diganti penggunaan teknologi pengganti fungsi ban cadangan. Antara lain Run flat tire yang dilengkapi dengan indikator tekanan ban, tire repair kit, atau teknologi lainnya.

Wuling sendiri menyediakan tire repair kit, yang membuat mobil listrik Wuling BinguoEV tanpa ban cadangan tetap lolos regulasi.

Selain itu, Wuling Motors tetap mengusung mobil listrik yang mudah digunakan pada BinguoEV, termasuk kemudahan mengisi daya baterai. Untuk itu, dibekali juga aksesoris untuk mengisi daya baterai langsung ke colokan rumah.



“Selain tire repair kit, nanti ada juga aksesori wajibnya seperti charging gun yang bisa dicolok ke listrik. Ini komitmen kita, yaitu easy to use pada semua mobil listrik kami,”tambahDanang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)