Intip Bus Baru PO Kencana, Tanpa Warna Pink

Senin, 27 November 2023 - 16:50 WIB
loading...
Intip Bus Baru PO Kencana, Tanpa Warna Pink
PO Kencana identik dengan bus warna pink. (Foto: Instagram/@adiputro_official)
A A A
JAKARTA - Perusahaan moda transportasi bus PO Kencana merilis kendaraan baru dengan bodi Jetbus 5 garapan karoseri Adiputro. Armada anyar perusahaan otobus asal Jepara ini terlihat berbeda karena tidak memakai warna pink atau merah muda seperti lainnya.

Bus baru PO Kencana hadir dengan warna biru tua livery berlian berwarna emas pada ban depan dan ban belakang. Warna spesial ini untuk merayakan peluncuran Jetbus 5 dan ulang tahun ke-50.

Selain itu, armada terbaru PO Kencana ini sejenis medium bus, berbeda dengan sebelumnya yang berjenis big bus. Unit tersebut diberi nama Rosemary kode CLS 005 yang akan dioperasikan untuk bus pariwisata.

Desain bus tersebut menjadi salah satu yang dipamerkan oleh karoseri Adiputro pada ajang GIIAS 2023, Agustus lalu. Mengingat perusahaan manufaktur itu mengubah seluruh lini model bodi bus mereka dengan varian terbaru.



Eksterior bus tampil elegan dengan aksen livery berwarna kuning emas berbentuk pola segitiga goemetri. Kemudian disematkan pula logo khas PO Kencana yang menggunakan warna putih dan dihiasi warna emas pada bodi samping dan belakang bus.

Berdasarkan unggahan akun Instagram @kencana.indonesia, nantinya bus ini akan digunakan sebagai layanan shuttle. Namun, pada kaca samping bus terdapat tulisan bus pariwisata. Pada bagian dalam, terlihat jejeran kursi yang diperkirakan dapat menampung 50 orang dengan konfigurasi 2-2. Bagian belakang kabin bus juga terlihat lengang, tandanya tidak ada toilet di dalamnya.

Bus ini mengusung desain single glass atau kaca depan tunggal yang dapat meningkatkan visibilitas penumpang. Penggunaan kaca tersebut memang sedang populer karena akan memberi penumpang lebih nyaman.



Armada terbaru PO Kencana ditopang dengan sasis Mercedes Benz 917 Long yang dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas 3,9 liter. Tenaga yang dihasilkan sebesar 170 hp pada 2.500 rpm dan torsi puncak 520 Nm pada 1.500-2.000 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi manual MO36S6; Synchromesh Manual 6-percepatan. Tercapat juga transmisi Automatic Allison 2100 Full Automatic, 6-percepatan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)