Indonesia Jadi Pasar Perdana Bus Listrik Hyundai di ASEAN

Sabtu, 02 Desember 2023 - 07:57 WIB
loading...
Indonesia Jadi Pasar Perdana Bus Listrik Hyundai di ASEAN
Hyundai Motor Company berencana untuk memasarkan bus listrik ke Indonesia di 2024. Foto: HMID
A A A
JAKARTA - Hyundai Motor Company tidak hanya bawa mobil listrik mewah Ioniq 6 ke Indonesia. Tapi, bahkan juga berencana memasarkan bus listrik di Indonesia tahun depan. Produsen otomotif asal Korea Selatan itu menggandeng INVI, anak perusahaan PT Indika Energy Tbk untuk distributor kendaraan listrik komersial di Tanah Air.

Setidaknya, ada dua model bus listrik yang bakal meluncur, yakni Hyundai Elec City Bus yang merupakan berukuran besar (12 meter), dan Hyundai County EV yang merupakan kategori bus berukuran sedang (8 meter).

Bus listrik Hyundai akan diluncurkan untuk pertama kalinya di pasar Indonesia, yang rencananya bakal meluas ke negara-negara lain di kawasan ASEAN. Terpilihnya Indonesia karena dianggap cocok untuk memperkenalkan keunggulan bus listrik mereka.

Young Tack Lee, Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ mengatakan pihaknya akan memanfaatkan pengalaman dan perkembangan yang telah dicapai di Indonesia. Ia mengungkapkan target berikutnya adalah Malaysia dan Singapura.

“Perluasan selanjutnya akan dilakukan di Filipina, mempertimbangkan potensi pasar besar dan peluang yang menjanjikan,” kata Young Tack Lee seperti dikutip dalam keterangan resmi.

Sejak 2017, Hyundai telah memimpin industri transportasi umum dengan lebih dari 2.500 penjualan bus listrik dan 400 bus Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV) di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa mereka memiliki kapabilitas untuk menyediakan transportasi umum ramah lingkungan.

Kolaborasi ini tidak hanya terbatas pada penyediaan bus untuk industri, melainkan bertujuan untuk memberikan layanan komprehensif, mengakomodasi generasi saat ini di Indonesia, dan mendorong lingkungan berkelanjutan untuk transportasi publik generasi masa depan.

INVI bertujuan untuk menyediakan solusi menyeluruh dan menciptakan ekosistem EV yang mulus dengan mengembangkan Stasiun Pengisian Daya Listrik (SPLU) sendiri.
Selain itu, Hyundai dan INVI bersiap untuk meluncurkan model kendaraan listrik komersial lainnya dalam waktu dekat.



“Kami merasa terhormat menjadi distributor utama bus listrik Hyundai di Indonesia, yang berdedikasi untuk membangun kehadiran kendaraan listrik yang signifikan di pasar,” ujar Andreas Justiabel, Presiden Direktur INVI.

Dikatakan Andreas, INVI berkomitmen memberikan dampak besar pada pasar kendaraan listrik komersial di Indonesia, mengakselerasi adopsi kendaraan listrik, terutama di sektor komersial.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2709 seconds (0.1#10.140)