7 Cara Mudah Menghilangkan Kaca Mobil Jamuran, Bisa Pakai Pasta Gigi

Senin, 04 Desember 2023 - 11:00 WIB
loading...
7 Cara Mudah Menghilangkan Kaca Mobil Jamuran, Bisa Pakai Pasta Gigi
Banyak cara yang bisa dipakai untuk mengatasi kaca mobil jamuran. (Foto: Wuling)
A A A
JAKARTA - Musim hujan telah tiba, jangan lupa memperhatikan kaca mobil. Jika berjamur bakal jadi mimpi buruk karena membuat pandangan ke jalan jadi terganggu.

Kondisi makin berisiko tinggi ketika hujan terjadi di waktu malam. Pencahayaan yang minim dan kaca mobil yang jamuran justru akan menyulitkan pengemudi mobil melihat kondisi jalan.

Sayangnya, kaca mobil jamuran justru tidak akan terlihat ketika cuaca bersahabat dan terang. Baru ketika hujan terjadi kaca mobil yang berjamur langsung kelihatan.

Namun, tidak perlu panik serta tidak perlu repot-repot pergi ke bengkel. Dikutip dari situs resmi Wuling Indonesia, Senin (4/12/2023) terdapat beberapa cara mandiri yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur di kaca mobi berikut ini:


1. Menggunakan Baking Soda


Baking soda dikenal sebagai penghilang jamur pada kaca mobil yang efektif. Metode penghilangan jamur dengan bahan ini tidak beracun dan tidak membahayakan manusia. Campuran sederhana soda kue dan air membentuk larutan pembersih kuat yang dapat disemprotkan dan dibersihkan dengan mudah. Bahan kue ini menjadi salah satu solusi alternatif pembersihan yang paling umum dan ekonomis untuk jamur pada kaca mobil.

2. Gunakan Pembersih Jamur Kaca Khusus Mobil


Ada beberapa merek pembersih atau penghilang jamur di pasaran untuk membersihkan dan mencegah jamur pada kaca mobil. Glass Scrub bisa digunakan saat jamur sudah tampak pada kaca, lalu bisa diolesi dengan Rain Clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan. Rutin melapisi kaca dengan bahan anti-jamur agar kaca tetap bersih tanpa mengganggu saat mengemudi. Kaca yang sudah dilapisi dengan Rain Clear, umumnya bertahan antara 3-4 bulan tergantung kondisi dan cuaca.

3. Menggunakan Minuman Bersoda


Apabila tidak menemukan obat jamur kaca mobil, minuman soda juga ternyata ampuh menghilangkan jamur kaca mobil. Caranya, bersihkan kaca mobil hingga kering menggunakan kain. Selanjutnya basahi kain berbahan lembut atau pasta gigi dengan air soda, lalu gosokkan ke kaca mobil yang terkena jamur secara lembut.
Jangan campurkan air soda dengan air biasa karena dapat mengurangi kandungan soda yang dapat menghilangkan jamur tersebut.

4. Menggunakan Odol atau Pasta Gigi


Menghilangkan jamur pada kaca mobil bisa menggunakan pasta gigi atau odol. Pengguna harus memastikan bahwa pasta gigi yang dipakai adalah yang berwarna putih dan bukan berbentuk gel.

Cukup oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang terkena jamur, diamkan selama lima menit.
Lalu gosok dengan kain microfiber hingga bersih. Ulangi proses jika terdapat jamur pada bagian kaca lain, lalu bilas dengan air bersih.

5. Menggunakan Pemutih Pakaian


Pemutih pakaian ternyata bisa digunakan sebagai pembasmi jamur kaca mobil Anda. Lakukan dengan membasahi kain yang lembut terlebih dahulu menggunakan cairan pemutih tersebut secukupnya. Setelah itu, gosokkan kain tersebut secara perlahan bagian jamur kaca mobil sampai bersih. Ingat, gunakan kain yang lembut agar ketika digosok ke kaca mobil tidak menimbulkan gores.


6. Gunakan Alkohol


Alkohol juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil. Pengguna bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke alkohol kadar di atas 60%. Kemudian gosok secara perlahan ke bagian kaca yang terkena jamur tersebut.

7. Memakai Cuka Apel


Menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jamur di kaca mobil sangat efektif dilakukan. Caranya, campurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Setelah itu celupkan kain yang lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosokkan kain pada bagian yang terkena jamur hingga benar-benar hilang. Selanjutnya, setelah jamur tersebut hilang, langsung keringkan dengan kertas koran segera. Anda akan melihat tidak ada lagi jamur yang menempel di kaca mobil .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)