Aurus Senat L700, Tameng Berjalan Vladimir Putin yang Dipakai ke Arab Saudi

Jum'at, 08 Desember 2023 - 07:05 WIB
loading...
Aurus Senat L700, Tameng Berjalan Vladimir Putin yang Dipakai ke Arab Saudi
Aurus Senat L700, mobil dinas Presiden Rusia Vladimir Putin. FOTO/ RT
A A A
RIYADH - Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan bilateral ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Menariknya, ia memboyong kendaraan sendiri dari negara asalnya untuk digunakan mobilitas di sana.



Mobil dinas kepresidenan Rusia adalah Aurus Senat L700 yang memang kerap digunakan oleh Putin dalam kunjungan ke sejumlah negara. Bahkan, mobil ini dikabarkan memiliki kekuatan yang sama seperti mobil dinas Presiden Amerika Serikat, ‘The Beast’.

Aurus Senat L700 dilengkapi dengan fitur keamanan maksimal, yang dipesan khusus oleh Vladimir Putin. Ia menginginkan mobil buatan Rusia untuk menjadi kendaraan dinasnya dibandingkan merek dari negara luar.

Mobil ini sudah dikembangkan oleh Pusat Penelitian Otomotif Rusia Nami sejak 2013, dan akhirnya diperkenalkan pda 2018 di Genev Motor Show. Sejak saat itu, Vladimir Putin memilih Aurus Senat L700 untuk menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard.

Fitur-fitur keamanan yang terdapat pada Aurus Senat L700 juga tak kalah dengan The Beast yang merupakan kendaraan resmi Presiden Amerika Serikat. Bahkan, ini bisa dikatakan sebagai bunker berjalan.

Dimensi mobil jenis limosin asal Rusia ini memiliki panjang 6.840 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.680 mm. Ini menjadikan Aurus Senat L700 menjadi mobil kepresidenn terbesar di dunia.

Pintu belakang Aurus Senat L700 juga telah dimodifikasi mejadi lebih besar yang mencegah pakaian Vladimir Putin akibat terkena debu yang ada di bodi. Seluruh kaca mobil juga sudah anti peluru dan anti bom dengan ketebalan 6 cm.

Bodi Aurus Senat L700 milik Putin juga ditambahkan pelat baja pada keseluruhan mobil yang membuatnya anti peluru, bahkan tahan serangan bom. Ini juga diperkuat dengan satu set ban kevlar khusus anti peluru yang juga bisa berjalan saat kempis.

Pada bagian dalam mobil, seluruh jendela dilengkapi dengan tirai dan penumpang tetap bisa melihat kondisi di luar mobilsecara real time melalui layar tambahan yang terhubung dengan CCTV.

Dua dari empat kursi di belakang juga dapat dilipat, dan sebagai pengaman tambahan terdapat pintu darurat pada bagian belakang mobil. Fitur keamanan lainnya adalah sistem kompresi udara untuk mencegah serangan gas beracun, dan sistem komunikasi khusus.

Seluruh fitur yang tersemat pada Aurus Senat L700 milik Vladimir Putin membuat mobil ini memiliki bobot mencapai 7 ton. Tak heran jika mobil ini memiliki mesin besar agar bisa membawa presiden dengan nyaman.

Aurus Senat L700 dibekali mesin 4.4-liter V8 twin-turbochardged yang dikembangkan berkat kerja sama dengan Porche. Mesin ini menghasilkan tenaga 598 hp dan torsi 880 Nm, yang dapat mencapai 0-100 km/jam hanya dalam enam detik, dengan kecepatan tertinggi 250 km/jam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)