5 Perbedaan Motor Karburator dengan Injeksi, Lebih Awet Mana?

Jum'at, 08 Desember 2023 - 14:49 WIB
loading...
5 Perbedaan Motor Karburator dengan Injeksi, Lebih Awet Mana?
Motor karburator dengan injeksi memiliki sejumlah kekurangan dan kelebihan masing-masing. Foto/Dok. Astra Motor
A A A
JAKARTA - Perbedaan motor karburator dengan injeksi penting diketahui pemilik kendaraan. Meskipun memiliki fungsi yang sama, ada kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Karburator adalah komponen dalam mesin pembakaran yang berfungsi untuk mencampurkan udara dengan bahan bakar. Sedangkan injeksi adalah teknologi yang memanfaatkan campuran antara bahan bakar dan udara di dalam kendaraan bermotor.

Lalu, apa perbedaan motor karburator dan injeksi secara spesifik? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Motor Karburator dengan Injeksi


1. Sistem Penyemprotan Bahan Bakar


Sistem penyemprotan bahan bakar motor karburator dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar.



Di sisi lain, motor injeksi menggunakan sistem injeksi langsung yang menyemprotkan bahan bakar langsung ke dalam ruang bakar dengan bantuan sensor dan komputer.

2. Efisiensi Bahan Bakar


Jika dilihat dari sisi efisiensi bahan bakar, motor karburator cenderung kurang efisien karena pencampuran bahan bakar tidak sepenuhnya terkontrol.

Sedangkan motor injeksi akan lebih efisien karena sistem kontrol yang lebih akurat mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke mesin.

3. Performa


Secara performa motor karburator biasanya memiliki respons yang sedikit lebih lambat karena ada keterlambatan dalam pencampuran bahan bakar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)