Liburan Nataru dengan Mobil, Simak Tips Cegah Mabuk Darat

Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:41 WIB
loading...
Liburan Nataru dengan Mobil, Simak Tips Cegah Mabuk Darat
Liburan Tahun Baru bisa lebih nyaman dengan melakukan langkah-langkah preventif, salah satunya mencegah mabuk darat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) dimanfaatlan sebagian orang untuk pergi ke luar kota melalui jalur darat. Tapi, tak jarang masih ada yang mengalami kondisi mabuk darat yang membuat perjalanan yang menyebangkan.

Melansir laman Kementerian Kesehatan, mabuk darat diakibatkan gerak yang dirasakan oleh otak melalui jalur berbeda dari sistem saraf termasuk telinga bagian dalam, mata, dan jaringan permukaan tubuh.

Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, misalnya saat berjalan, input dari semua jalur dikoordinasikan oleh otak kita. Mabuk saat perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan perjalanan libur Nataru adalah pemilihan waktu perjalanan. Diharapkan masyarakat memilih waktu yang tidak terlalu ketat, terutama terkait jadwal libur.

“Untuk menghindari kemacetan, salah satu kuncinya adalah manajemen waktu. Tapi untuk libur Natal dan Tahun Baru, serta lebaran, pasti semua akan kena macet. Bahkan bagi yang berangkat hari H di pagi hari pasti akan terjebak macet,” kata Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), saat dihubungi SINDONews.

Untuk membuat perjalanan semakin menyenangkan, berikut tips untuk mencegah mabuk darat seperti dibagikan Auto2000.

1. Hindari konsumsi makanan berat sebelum perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh, hindari konsumsi makanan berat. Jika terasa lapar, sebaiknya memgkonsumsi makanan ringan. Bisa juga dengan menyiasati porsi makanan, mengambil lebih sedikit dari porsi normal sebelum perjalanan.

Kondisi perut yang penuh, ditambah dengan guncangan selama perjalanan, akan meningkatkan risiko mabuk darat. Terlebih jika jarak waktu antara makan dan mulai perjalanan tidak terlalu jauh. Untuk itu, usahakan makan secukupnya sebelum memulai perjalanan serta hindari makan makanan berminyak dan berlemak.

2. Pilih posisi tempat duduk yang nyaman

Model jok mobil yang berlawanan arah dengan pergerakan kendaraan ternyata cenderung mudah memicu mabuk kendaraan. Sebagai cara menghilangkan mabuk darat, pilihlah posisi tempat duduk yang satu arah dengan pergerakan kendaraan. Dengan demikian, posisi duduk tubuh dengan gerak kendaraan pun searah. Sehingga tidak akan merasakan efek tubuh seolah tertarik ke arah berlawanan.

Jika menggunakan kendaraan umum seperti kereta, bus, atau pesawat, beberapa posisi bisa dipilih untuk mengurangi mual. Beberapa yang direkomendasikan adalah tempat duduk di bagian depan untuk bus, tempat duduk di dekat jendela, dan tempat duduk yang segaris dengan sayap pesawat.

3. Istirahat cukup sebelum bepergian

Terkadang, mabuk perjalanan juga bisa disebabkan oleh tubuh yang lelah. Untuk itu, pastikan istirahat yang cukup sebelum bepergian jauh. Jika tidak memungkinkan, bisa beristirahat di kendaraan. Bawa peralatan yang bisa membantu Anda untuk beristirahat dengan nyaman di kendaraan, seperti bantal leher dan penutup mata.

4. Berbaring saat mulai merasa tidak enak badan

Bila sudah mulai merasa tidak enak badan saat sedang dalam perjalanan, segeralah berbaring. Jika tidak memungkinkan untuk berbaring, ambil posisi istirahat yang nyaman seperti duduk bersandar.

Duduk dengan nyaman dan luruskan kaki sebagai cara menghilangkan mabuk darat. Pejamkan mata hingga rasa mual mereda. Jika mobil sedang berhenti, Anda bisa mencoba menghirup udara segar. Akibat mabuk perjalanan sudah pasti Anda merasa tidak enak badan di segala sisi. Mengatasi mual dengan cara ini terhitung cukup efektif.

5. Konsumsi obat anti mabuk

Anda juga bisa melakukan langkah preventif dengan mengonsumsi obat anti mual. Konsumsilah obat anti mual dan anti mabuk tersebut setidakya 1-2 jam sebelum perjalanan. Anda bisa menggunakan obat anti mual yang dapat dibeli tapa resep dokter, seperti Domperidone atau Metoclopramide yang termasuk golongan antihistamin. Jika tidak ingin mengonsumsi obat, sediakan permen mint di mobil. Ketika dirasa pusing dan mual, Anda bisa segera mengonsumsinya.

6. Hindari membaca buku atau menggunakan gadget

Membaca buku atau bermain gadget saat sedang dalam perjalanan bisa memicu munculnya rasa mual dan pusing. Sebab, kegiatan tersebut dapat menyebabkan ketidakselarasan antara mata dan telinga. Sebagai cara menghilangkan mabuk darat, sebaiknya hindari kedua aktivitas tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa mendengarkan musik atau mengobrol dengan orang lain sepanjang perjalanan.

7. Mengonsumsi jahe

Obat herbal seperti jahe terbukti ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan. Terlebih jika AutoFamily merasa perut mulai tidak enak akibat aroma yang ada di dalam mobil.

Jahe bisa memberikan efek hangat dan aroma yang menenangkan sehingga mencegah muntah. Hal ini juga berlaku pada saat Anda terlanjur mabuk perjalanan, jahe akan melepaskan vasopresin dan membantu mengurangi rasa mual. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk asli atau produk olahan seperti permen, minuman instan, obat cair, dan masih banyak lagi.

8. Hirup minyak angin atau aromaterapi

Pentingnya membawa minyak angin atau aromaterapi saat perjalanan darat, udara, maupun laut bukan tanpa alasan. Benda cair yang satu ini ampuh menjadi obat mabuk perjalanan tapa diminum sebab dapat meredakan rasa mual, muntah, dan pusing. Cukup oleskan saja ke bagian perut, pelipis, dan hirup aroma minyak untuk meredakan rasa mual, muntah.


9. Makan Makanan Ringan dan Minum Air Mineral

Minum air mineral menjadi suatu keharusan saat mengalami mual saat dalam perjalanan. Saat muntah, tubuh akan kekurangan cairan dan berisiko mengalami dehidrasi. Dengan meminum air mineral yang cukup, kondisi tubuh dapat pulih kembali. Selain itu, mengonsumsi makanan ringan dapat membantu mengisi perut yang kosong tanpa memicu mualataumuntah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)