Yamaha Belum Luncurkan Motor Listrik, Anton: Masih Studi

Senin, 11 Desember 2023 - 16:03 WIB
loading...
Yamaha Belum Luncurkan Motor Listrik, Anton: Masih Studi
Yamaha hingga saat ini masih belum menjual bebas motor listrik. FOTO/ RIDEAPART
A A A
JAKARTA - PT Yamaha IndonesiaMotorMfg. (YIMM) masih menahan diri untuk meluncurkanmotorlistrik di Tanah Air. Alasan utama masih ingin membaca karakter konsumen mengenai model yang tepat, baik performa maupun sistem pengisian.



Seperti diketahui, Yamaha sudah memamerkanmotorlistrik mereka, E01, bahkan dapat dijajal oleh konsumen. Namun, kendaraan roda dua ramah lingkungan tersebut belum dijual karena sejumlah pertimbangan.

Antonisius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing & Public Relation, Anton Widiantoro PT YIMM mengatakan Yamaha E01 mendapat sambutan baik. Tapi, ini tak membuat pihaknya untuk menjualmotorlistrik tersebut.

“Yamaha E01 minimal responnya cukup positif, dengan performanya,charging,handling, kami akan menjadikan ini bahan evaluasi. Performanya kan identik 125 cc dan ternyata dengan performanya ini punya pembanding, jadi respon positif,” kata Anton di Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/23).

Sebagai informasi,motorlistrik Yamaha E01 mengadopsi sistem pengisian bateraiswapatau penukaran dan mengisi daya langsung lewat stop kontak rumah. Sistem pengisian daya ini menjadi bahan studi agar menghadirkanmotorlistrik yang sesuai keinginan.

“Kita pelajari konsumen menginginkan yang mana, kalau dibikin sistemswapjaraknya gak lebih dari 100 km. Kalau dibikinswaptidak nyaman, berat baterai 38 kilogram, kasian konsumen. Selain itu, tempatswapbaterai,” ujarnya.

Selain E01, Yamaha juga memilikimotorlistrik Neo dengan desain unik yang sudah ditawarkan di pasar Eropa. Namun, Anton belum bisa memastikan apakahmotortersebut akan dibawa ke pasar Indonesia.

“Belum ke sana, sebagai brand besar salah satunya dengan ini, tentunya market berubah terus, dan mungkin bicara E01 uji coba spesifikasi seperti ini mungkin berbeda. Kedua, teknologi berkembang terus,” ucapnya.

“Kalau teknologi pastinya akan jauh lebih baik. Tapi kita blm bisa sampaikan sekarang (bawa Neo masuk Indonesia). Tapi kita mengarah ke sana sesuai dengan pilihan konsumen,” sambungnya.

Yamaha Neo, dibekalimotorlistrik berkapasitas 2,3 kW dan torsi puncak 138,3 Nm.Sementara baterainya menggunakan kapasitas baterai 51,1 V, 23,2 Ah berjenis Lithium-ion/BFM1 yang dapat diisi penuh dalam waktu 8 jam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)