10 Cara Menghaluskan Motor Mesin Matic yang Perlu Diperhatikan

Kamis, 14 Desember 2023 - 11:33 WIB
loading...
10 Cara Menghaluskan Motor Mesin Matic yang Perlu Diperhatikan
Cara menghaluskan motor mesin matic perlu memperhatikan beberapa hal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cara menghaluskan motor mesin matic perlu diperhatikan oleh setiap penggunanya. Hal ini supaya pengendara tidak terganggu dengan suara bising yang ditimbulkan oleh motor matic.

Suara bising motor matic biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti oli yang tidak sesuai, v-belt yang mulai aus, katup yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi. Mesin motor matic yang mengeluarkan suara kasar juga bisa disebabkan karena kurang perawatan.



Untuk itu, setiap pemilik kendaraan harus melakukan perawatan rutin agar suara motor mesin matic bisa menjadi halus. Berikut beberapa cara menghaluskan motor mesin matic yang bisa dipraktikkan.

Cara Menghaluskan Motor Mesin Matic


1. Ganti Oli Secara Berkala


Pastikan untuk mengganti oli mesin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan. Oli yang bersih dan sesuai spesifikasi dapat membantu menjaga performa mesin dan mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan suara berisik.

2. Periksa V-Belt


V-Belt yang kendor atau aus dapat menyebabkan suara yang tidak diinginkan. Pastikan V-Belt dalam kondisi yang baik, sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dan aturlah ketegangannya.

3. Pemeriksaan Katup


Pastikan katup mesin dalam kondisi baik. Jika katup terlalu ketat atau terlalu longgar, hal ini dapat mempengaruhi suara mesin. Sesuaikan katup jika diperlukan sesuai dengan petunjuk pabrikan.

4. Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar


Bersihkan atau ganti filter udara dan pastikan sistem bahan bakar berfungsi dengan baik. Filter udara yang kotor atau sistem bahan bakar yang tidak efisien dapat mempengaruhi kinerja mesin.

5. Periksa Sistem Pembuangan


Knalpot yang bocor atau aus dapat menyebabkan suara mesin yang tidak diinginkan. Pastikan knalpot dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran.

6. Periksa Bearing dan Pulley


Bearing dan pulley yang aus dapat menyebabkan suara yang tidak diinginkan. Periksa dan ganti komponen yang perlu diganti untuk menjaga mesin tetap halus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)