Kenali 7 Penyebab Motor Matic Sering Mogok dan Cara Mengatasinya

Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:36 WIB
loading...
Kenali 7 Penyebab Motor Matic Sering Mogok dan Cara Mengatasinya
Penyebab motor matic mogok perlu diketahui para pemilik kendaraan. Foto/Astra Motor
A A A
JAKARTA - Penyebab motor matic mogok bisa karena berbagai faktor. Tak jarang motor matic mogok karena tidak mengecek kondisi motornya dan melakukan service rutin.

Hal tersebut bisa karena beberapa komponen yang kurang terawat sehingga berdampak pada kinerja mesin. Minimnya pengetahuan tentang perawatan motor matic yang baik ini menjadi faktor utama terjadinya mogok ketika berkendara.

Untuk itu, penting untuk mengetahui penyebab motor matic sering mogok. Hal ini supaya pengguna motor matic dapat melakukan tindak pencegahan.

Penyebab Motor Matic Sering Mogok dan Cara Mengatasinya


1. Masalah Bahan Bakar


Salah satu penyebab utama mogoknya motor matic adalah masalah bahan bakar. Ini bisa disebabkan bensin yang habis atau kotoran yang masuk ke saluran bahan bakar.



Cara mengatasinya adalah dengan memastikan selalu ada bahan bakar yang cukup, hindari pemakaian bensin berkualitas buruk, dan lakukan perawatan rutin pada sistem bahan bakar, termasuk membersihkan filter bensin.

2. Masalah Busi


Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan motor mogok. Busi sendiri berfungsi sebagai alat pengapian yang akan menghasilkan percikan api sehingga nantinya menghasilkan pembakaran dari campuran bahan bahan bakar dan udara.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti busi sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan pastikan busi selalu dalam kondisi baik. Membersihkan busi secara berkala juga penting.

3. Aki Lemah


Aki adalah komponen kunci dalam sistem kelistrikan motor. Motor matic bergantung pada daya dari aki untuk memulai mesin. Aki yang lemah atau mati dapat membuat motor mogok.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)