Gonjang-ganjing Android Auto dan Apple CarPlay di Mobil, Ford dan GM Beda Sikap

Jum'at, 15 Desember 2023 - 06:56 WIB
loading...
Gonjang-ganjing Android Auto dan Apple CarPlay di Mobil, Ford dan GM Beda Sikap
Android Auto dan Apple CarPlay yang sudah jadi fitur wajib di mobil-mobil di Indonesia, ternyata justru dipangkas di Amerika. Foto: Jalopnik
A A A
JAKARTA - Dua pabrikan mobil raksasa di Amerika Serikat, Ford dan General Motors (GM) berbeda sikap soal penggunaan Android Auto dan Apple CarPlay di mobil mereka.

GM baru-baru ini jadi pusat perhatian karena menolak untuk memasang Android Auto dan Apple CarPlay.

Alasannya kedua teknologi mirroring ponsel tersebut berbahaya bagi pengemudi mobil. Dilaporkan Motor Trend, Jumat (15/12) ini Tim Babbit, GM Head of Product for Infotainmentmengatakan Android Auto dan Apple CarPlay memiliki masalah di stabilitas.

Dia menceritakan kedua teknologi itu bisa tiba-tiba saja kehilangan koneksi, lambat merespons, hingga gagal menampilkan layar di head unit mobil secara utuh. Kondisi itu yang justru sangat berbahaya buat pengemudi mobil.

Gonjang-ganjing Android Auto dan Apple CarPlay di Mobil, Ford dan GM Beda Sikap

Pasalnya dari situ pengemudi akan kehilangan fokus saat di jalan. Mereka akan melihat ponsel mereka dan coba memperbaiki koneksi yang dibutuhkan untuk menjalankan Android Auto dan Apple CarPlay.

"Masalah sama tetap terjadi meski koneksi ke mobil dilakukan melalui colokan kabel," ujar Tim Babbit.

Untuk menguatkan pernyataannya Tim Babbit justru menunjukkan data yang dirilis J.D Power. Dalam data itu disebutkan bahwa Android Auto dan Apple CarPlay merupakan hal yang selalu dikomplain oleh pemilik mobil.

Dari situ kemudian GM memutuskan untuk tidak lagi memasang Android Auto dan Apple CarPlay di mobil-mobil mereka. GM kini berupaya memaksimalkan teknologi yang sama bernama Ultifi. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google itu diyakini bisa bekerja dengan baik di mobil-mobil buatan GM.

Berbeda dengan GM, perusahaan mobil Amerika Serikat lainnya Ford justru malah menggandakan penggunaan Android Auto dan Apple CarPlay. Jim Farley, CEO Ford, malah mengatakan pemilik mobil buatan mereka justru menyukai Android Auto dan Apple CarPlay.

Kedua teknologi itu menurut dia justru bisa membuat pengemudi fokus dengan jalan dan tangan selalu berada di setir mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)