Mobil Listrik CBU Dapat Insentif, Wuling Tak Tergoda

Sabtu, 16 Desember 2023 - 20:13 WIB
loading...
Mobil Listrik CBU Dapat Insentif, Wuling Tak Tergoda
Wuling Motors baru saja meluncurkan mobil listrik BinguoEV di Indonesia. (Foto: Fadli Ramadan)
A A A
JAKARTA - Pemerintah memberikan insentif bagi mobil listrik CBU alias diimpor secara utuh dari luar negeri. Kendati demikian, Wuling tak tergiur dan tetap fokus merakit mobil di Indonesia.

“Kita intinya fokus masih ke produk yang ada sekarang, dan itu fokusnya dibuat di Indonesia. Kita komitmen produksi di Indonesia, jadi kita berharap ke depan untuk terus produksi di Indonesia,” kata Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors di Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2023).

Seperti diketahui, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 79 Tahun 2023 yang merevisi Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Dalam regulasi tersebut disebutkan bahwa perusahaan otomotif yang sudah memenuhi syarat dapat mengimpor mobil listrik murni secara utuh atau completely built-up (CBU) tanpa biaya bea masuk dan dibebaskan PPnBM serta pajak daerah.



Dian Asmahani menambahkan, komitmen untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia adalah bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk mencapai netralitas karbon.

Di Indonesia, Wuling Motors baru saja meluncurkan mobil listrik terbarunya, yakni BinguoEV. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian, Long Range dan Premium Range, yang dijual Rp358-408 juta. “Karena sekarang TKDN 40 persen dan Binguo pun diproduksi (lokal). Pertama tadi saya bilang, produksi pertama yang akan deliver ke konsumen kita komitmen ke arah sana dulu gitu,” ujar Dian.



Di China, Wuling juga telah meluncurkan mobil listrik sedan mewah yang diberi nama Starlight. Menariknya, mobil tersebut dijual dengan harga yang cukup murah di negara asalnya, sekitar Rp200 jutaan.

Insentif mobil listrik CBU bisa menjadi opsi menarik bagi Wuling untuk mendatangkan Starlight untuk bermain di pasar mobil listrik sedan. Mengingat saat ini pasar tersebut diisi oleh model-model Eropa dan Korea dengan harga mulai Rp1 miliaran.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)