Unik! Kuil Ini Didedikasikan untuk Motor Royal Enfield

Kamis, 21 Desember 2023 - 18:00 WIB
loading...
Unik! Kuil Ini Didedikasikan untuk Motor Royal Enfield
Motor Royal Enfield Bullet 350 cc di kuil Om Banna atau kuil Bullet Baba. (Foto: Indian Express)
A A A
JAKARTA - Ada pemandangan unik di India. Yaitu sebuah kuil yang didedikasikan untuk motor Royal Enfield. Kuil tersebut terletak di desa Chotila di Jalan Raya Nasional 62, yang menghubungkan Jodhpur dan Ahmedabad.

Aditya Kondawar, seorang penulis, melalui X, berbagi kisah menarik asal muasal kuil tersebut. “Dewa” di kuil tersebut adalah sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc bernomor registrasi RNJ 7773. Populer disebut kuil Om Banna atau kuil Bullet Baba, kuil ini juga berisi patung dan foto pemilik sepeda motor, Om Singh Rathod .

Dilansir dari Indian Express, Kamis (21/12/2023), kuil unik ini muncul setelah Rathod, putra seorang pemimpin desa setempat, meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan motor Royal Enfield Bullet pada 1988. Kuil tersebut berdiri di lokasi kecelakaan.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, polisi membawa sepeda tersebut ke kantor polisi terdekat tetapi ditemukan di lokasi kecelakaan keesokan harinya. “Polisi mengambilnya kembali tetapi kembali lagi ke lokasi kecelakaan. Hal ini berlangsung selama beberapa hari hingga penduduk desa memutuskan membangun sebuah kuil dan dia menjadi santo pelindung NH 62, yang melindungi orang dari kecelakaan,” tulis Kondawar.



Tempat ini kemudian banyak dikunjungi oleh para pria muda setelah membeli sepeda motor baru atau oleh para wanita yang memohon berkah demi keselamatan suaminya di jalan. “Ada juga pohon di dekat kuil, di sekelilingnya orang mengikatkan benang merah, melambangkan keyakinan mereka pada Bullet Baba,” tulis Kondawar.

Meskipun segala sesuatu di sekitar kuil menyerupai kuil biasa, tidak ada air suci dan sebagai gantinya, orang-orang membawa botol minuman sebagai bagian dari ritual.



“Ada banyak kuil tentang Om Banna di Rajasthan. Gambaran besarnya adalah masyarakat India memahami gambaran sosial dan logika yang lebih besar, Anda harus menceritakan sebuah cerita yang bagus; seperti di sini seputar 'Keselamatan Jalan'. Saya menyumbangkan 2 helm di sini ketika saya membeli kendaraan baru!” tulis seorang netizen.

“Itulah cara kami para pengendara menghormati,” tulis netizen lainnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)