Ini Bus dengan Harga Termahal di Indonesia pada 2023

Jum'at, 22 Desember 2023 - 11:13 WIB
loading...
Ini Bus dengan Harga Termahal di Indonesia pada 2023
Perusahaan otobus (PO) juga terus meningkatkan pelayanan dan menghadirkan bus baru demi menarik pelanggan. Foto/Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Bus menjadi moda transportasi yang masih digandrungi oleh banyak masyarakat Indonesia. Perusahaan otobus (PO) juga terus meningkatkan pelayanan dan menghadirkan bus baru demi menarik pelanggan.

Salah satu jenis bus yang peminatnya cukup besar adalah double decker atau yang bus tingkat yang menawarkan pandangan lebih luas bagi penumpang di lantai dua. Sedangkan di dek bawah menyuguhkan pelayanan premium, dengan pilihan sleeper dan kursi mewah.

Namun, tak banyak PO yang menyediakan bus jenis double decker karena harganya yang sangat tinggi. Untuk itu, cara menyiasatinya adalah dengan membangun bus sleeper model tumpuk, yang juga ditujukan untuk efisiensi jumlah penumpang.



Wajar saja jika bus memiliki harga yang cukup tinggi karena bus merupakan kendaraan berkapasitas besar. Seperti halnya mobil pribadi, harga bus tersebut juga berbeda-beda tergantung merek dan karoseri.

Misalnya, harga bus dengan menggunakan sasis Hino, yang bisa mencapai setengahnya dari harga bus dengan sasis tronton seperti Mercedes-Benz 1626 dan Volvo B11R. Tapi, harga bus juga ditentukan dari bodi dan isi di dalamnya.

Saat ini PO di Indonesia hanya memesan sasis dan menyerahkan pembangunan bodi pada karoseri. Masing-masing perusahaan karoseri memiliki sepesifikasi dan desain tersendiri, sehingga memiliki harga yang variatif.

Saat ini, karoseri Adiputro menjadi perusahaan manufaktur yang menerima banyak pesanan karena baru saja meluncurkan bodi baru, Jetbus 5. Perusahaan karoseri asal Malang, Jawa Timur itu juga menjadi yang memproduksi bodi bus double decker.



“Kalau untuk bodi saja itu dikisaran Rp850 jutaan. Kalau sudah termasuk kursi dan AC bisa mencapai Rp1,5 miliaran, tergantung jenis kursi dan merek AC,” kata Supervisor Finishing Adiputro, Yohan Setiawan kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3160 seconds (0.1#10.140)