Gigi Matic D untuk Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya

Jum'at, 22 Desember 2023 - 19:12 WIB
loading...
Gigi Matic D untuk Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya
Gigi Matic D . FOTO/ ADM
A A A
JAKARTA - Gigi Matic D yang biasa ditemui pada mobil bertransmisi otomatis ini memiliki fungsinya tersendiri, sama seperti kode huruf lain yang berada di persneling.



Mobil transmisi otomatis kini memang tengah populer di Indonesia, karena praktis dan mudahnya penggunaan mobil ini ketimbang yang memiliki transmisi manual.

Namun dalam mobil matic akan terdapat beberapa kombinasi huruf yang tidak ada dalam mobil manual. Sehingga bagi pengendara yang biasa menggunakan mobil manual akan bingung ketika berhadapan dengan kombinasi huruf di persneling mobil matic.

Setiap kode huruf yang ada dalam mobil matic ini memiliki maknanya tersendiri. Seperti "P" yang artinya Parking, "R" yang berarti Reverse atau Mundur, atau "N" yang berarti Neutral. Namun apakah arti dari gigi matic d, dan apa fungsi gigi tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Gigi Matic D untuk Apa?


Gigi Matic D berarti Drive atau maju, sehingga gigi inilah yang akan sering digunakan oleh pengemudi ketika mengendarai mobil matic.

Ketika berada di posisi "D", transmisi akan secara otomatis menggeser gigi agar kendaraan dapat bergerak maju. Pengendara mengaktifkan mode ini apabila akan mulai berkendara.

Dalam posisi ini terdapat beberapa kode angka, mulai dari 1 hingga 3. Pengendara dapat mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut.

Untuk angka 1, ini biasanya akan digunakan ketika berjalan pada turunan yang curam, sehingga mobil tidak terlalu kencang.

Sedangkan untuk angka 2, ini biasa digunakan ketika pengendara sedang melalui tanjakan. Sementara angka 3 dipilih ketika pengendara ingin berjalan dengan kecepatan tinggi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)