Dealer Toyota Raih Sertifikat 'Green Building' Pertama di Antara Dealer Otomotif di Indonesia

Rabu, 27 Desember 2023 - 09:45 WIB
loading...
Dealer Toyota Raih Sertifikat Green Building Pertama di Antara Dealer Otomotif di Indonesia
Dealer Auto2000 Wahid Hasyim menerapkan konsep green building. Konsep green building yang mengedepankan efisiensi aspek lingkungan di desain untuk berkontribusi dalam menekan emisi karbon. (Foto: dok Toyota Wahid Hasyim)
A A A
JAKARTA - Pemanasan global menjadi isu yang semakin mendesak untuk segera ditangani. Dampaknya kian terasa di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Perubahan iklim yang drastis akibat pemanasan global menyebabkan berbagai dampak serius di berbagai sektor kehidupan, seperti lingkungan.

Salah satu penyebab terbesar perubahan iklim tersebut disebabkan oleh meningkatnya emisi karbon. Penggunaan kendaraan menjadi penyumbang terbesar dalam meningkatnya emisi karbon. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh dunia global dalam menerapkan program netralitas karbon sebagai upaya mencegah peningkatan risiko pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change).

Selain itu, upaya untuk meminimalisir jejak karbon tersebut dilakukan dengan cara membangun green building atau bangunan yang ramah lingkungan. Green building terfokus pada pemanfaatan sumber daya alam yang ada atau mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Artinya, pembangunan sangat minim dalam penggunaan bahan non alami.

Mengenai manfaat dari green building untuk selamatkan bumi. Green building atau bangunan hijau ini mengedepankan efisiensi. Mulai dari saat proses konstruksi hingga bangunan tersebut bisa digunakan. Pada akhirnya, green building bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Salah satu ciri utama dari konsep green building adalah mengutamakan penghematan sumber daya. Mulai dari energi listrik, air, material, dan sebagainya. Selain itu, konsep green building pada bangunan juga bertujuan mengurangi polusi, rendah konsumsi energi atau listrik, dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan hidup.

Adapun manfaat green building bagi kehidupan di antaranya, yaitu meningkatkan hidup yang lebih berkualitas, menghemat sumber air, dapat mengurangi jejak karbon, serta penggunaan bangunan yang lebih awet dan tahan lama.

Berlatar semangat peduli lingkungan tersebut, Auto2000 sebagai preferred dealer Toyota di Indonesia, berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam menekan emisi karbon, serta pelestarian lingkungan untuk menyelamatkan bumi yang lebih sehat dan hijau, sejalan dengan arahan SDGs dari PT Astra International Tbk.

Dealer Toyota berhasil meraih sertifikat green building pertama di antara dealer otomotif di Indonesia. Salah satu yang baru saja berhasil dicapai, yaitu Sertifikat Green Building EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia di Cabang Auto2000 Wahid Hasyim dan Auto2000 BSD City.

Dealer Toyota Raih Sertifikat 'Green Building' Pertama di Antara Dealer Otomotif di Indonesia

Dealer Toyota Auto2000 BSD City berhasil meraih Sertifikat Green Building EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia. Sertifikat yang diraih Auto2000 BSD City dan Auto2000 Wahid Hasyim ini merupakan pertama di antara dealer otomotif di Indonesia. (Foto: Dok Toyota Astra Serpong)

EDGE sendiri merupakan kepanjangan dari Excellence in Design for Greater Efficiencies dari International Finance Corporation (IFC), bagian dari World Bank Group. Lembaga independen ini menerapkan kegiatan dan mengembangkan prinsip-prinsip ‘hijau’ ke dalam rancangan, pembangunan, serta pengoperasian bangunan dan lingkungan sekitar. Sehingga, sebuah bangunan atau gedung dapat lebih ramah lingkungan, hemat energi, serta mengurangi dampak pencemaran dan polusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3867 seconds (0.1#10.140)