Jangan Sembarangan, Ini Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar

Selasa, 02 Januari 2024 - 12:08 WIB
loading...
Jangan Sembarangan, Ini Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar
AC menjadi fitur penting pada mobil yang membuat kabin terasa sejuk ketika berkendara. Foto/DOK/SINDOnews
A A A
JAKARTA - AC menjadi fitur penting pada mobil yang membuat kabin terasa sejuk ketika berkendara. Tapi, pemilik juga harus memperhatikan perawatan AC , termasuk cara menyalakannya, agar tetap awet dan sejuk.

“Pemilik kendaraan wajib menjaga kebersihan filter kabin supaya embusan udara AC tidak hanya sejuk, namun juga bersih dan aman dari bibit penyakit,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan resmi, Selasa (2/1/2024).

Bagaimanakah cara yang benar menyalakan AC mobil? Berikut langkahnya seperti dibagikan Daihatsu.

1. Nyalakan Mesin Mobil Terlebih Dahulu

Ketika hendak menyalakan AC, pastikan menghidupkan mesin mobil terlebih dahulu. Saat sudah menyala, hindari langsung menyalakan AC mobil karena akan membebani kinerja mesin.



Beban kinerja tersebut terjadi karena magnetic clutch bekerja lebih keras ketika putaran mesin rendah. Tunggu sekitar 10 hingga 15 detik, agar kondisi mesin mobil mulai panas. Pastikan mesin dalam kondisi idling. Setelah itu, baru boleh menyalakan AC.

2. Lakukan Penyetelan Suhu dan Putaran Fan

Apabila mobil terparkir di area terbuka dan panas, sebaiknya buka jendela mobil selama 20 detik agar suhu di dalam kabin yang terlalu panas dapat diturunkan. Selanjutnya, menyalakan blower AC selama 15 detik dengan posisi kaca jendela mobil terbuka.

Hal ini dapat membuat suhu kabin yang terlalu panas tersebut menjadi suhu ruangan. Dengan begitu kinerja AC tidak akan berat sehingga AC semakin awet. Setelah suhu kabin dirasa sudah tidak terlalu panas, Anda bisa menutup jendela mobil, kemudian nyalakan kompresor AC.

Untuk penyetelan suhu AC, Anda bisa menyetel kecepatan angin atau blower di posisi rendah terlebih dahulu. Sementara suhu kompresor, Anda setel ke medium atau ke suhu yang diinginkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)