Teknologi ChatGPT Mulai Ditanam di Kabin Mobil Volkswagen

Selasa, 09 Januari 2024 - 17:55 WIB
loading...
Teknologi ChatGPT Mulai Ditanam di Kabin Mobil Volkswagen
ChatGPT ditanam di kabin mobil Volswagen. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
BERLIN - Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen ( VW) menghadirkan chatbot bertenaga artificial intelligence (AI) ke kabin mobilnya. Hal ini diumumkan dalam pameran CES 2024.



Melansir Techradar, Selasa (9/1/2024), chatbot AI akan ditawarkan dalam rangkaian ID kendaraan listriknya melalui pembaruan over-the-air pada Tiguan, Passat, dan mobil masa depannya.

Dalam melakukannya, VW telah bekerja sama dengan Cerence untuk memanfaatkan platform kecerdasan buatan khsus otomotif Chat Pro, yang memungkinkan integrasi ChatGPT.

Ini akan memperluas asisten suara IDA yang sudah dimiliki sehingga kini dapat menangani perintah ucapan alami untuk mengontrol fungsi kendaraan dan pertanyaan yang lebih luas.

VW mengklaim mereka adalah produsen pertama yang melakukan hal tersebut, meskipun merek premium Citroen, DS Automobiles, telah mengumumkan sistem serupa akhir tahun lalu.

Dalam demo yang dipamerkan di CES 2024, VW menampilkan aktor Ewan McGregor yang bertanya kepada IDA, juga ChatGPT tentang gaya fashion kilt dan meminta IDA memutar lagu.

Selain pertanyaan semacam itu, Volkswagen juga mengklaim akan memastikan perlindungan data tingkat tertinggi ada asisten digitalnya. Mereka juga menambahkan dapat melakukan hal-hal seperti mengontrol suhu di dalam kabin, hingga membuat resep makanan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)