Punya Peran Vital di Musim Hujan, Begini Ciri Wiper Harus Diganti

Rabu, 10 Januari 2024 - 19:44 WIB
loading...
Punya Peran Vital di Musim Hujan, Begini Ciri Wiper Harus Diganti
Wiper punya peran vital di musim hujan, karena itu pengguna wajib memastikan kondisinya masih prima. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mengetahui ciri wiper atau penyeka kaca sudah harus diganti sangat penting bagi pemilik mobil. Mengingat wiper sendiri memiliki peran yang sangat vital, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini.

Di musim hujan, wiper akan bertugas membersihkan pandangan dari guyuran air hujan saat berkendara. Dengan wiper yang sudah tidak berfungsi, tentu akan sulit sekali melihat jalan dan bisa berbahaya.

Untuk itu, pastikan wiper mobil selalu dalam kondisi baik. Jika dirasa fungsinya sudah berkurang, segeralah lakukan perbaikan, atau jika sudah tidak dimungkinkan lagi segera lakukanlah penggantian.

Nah, lantas seperti apa ciri wiper yang sudah harus diganti? Berikut ini adalah paparan lengkapnya, seperti dilansir dari Hansma Automotiv pada Rabu (10/1/2024).

1. Rangka wiper mulai bengkok

Segera lakukan perbaikan jika rangka wiper mobil mulai bengkok. Rangka wiper yang bengkok tentu beberapa sisinya tidak akan menyentuh kaca, jika sudah begini kaca tidak akan bersih maksimal. Jadi jangan tunggu lama untuk memperbaiki wiper yang bengkok. Dan jika sudah diperbaiki, berhati-hatilah ketika ingin menekuknya.

2. Ada bekas goresan di kaca

Sejatinya, wiper berfungsi untuk membersihkan pandangan kita bukan malah menambah goresan pada kaca yang justru akan mengganggu. Goresan di kaca depan mobil menandakan wiper harus diganti. Jika dibiarkan, maka goresan akan menjadi lebih parah, lama kelamaan tentunya semakin sulit kita melihat jalan.

3. Ada celah antara wiper dan kaca

Adanya celah antara wiper dan kaca sudah pasti membuat kinerja wiper sia-sia. Wiper tidak akan menyentuh kaca, yang berarti kaca tidak akan bisa dipersihkan. Apabila menemui masalah ini sudah jelas bahwa penggantian wiper harus dilakukan dengan segera.

4. Terdengar bunyi berdecit

Bunyi berdecit saat wiper digunakan merupakan tanda bahwa wiper sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu coba bersihkan wiper atau jika masih bunyi juga, bisa lakukan penggantian.

5. Karet pada pisau retak atau rusak
Punya Peran Vital di Musim Hujan, Begini Ciri Wiper Harus Diganti

Karet pada wiper bisa saja rusak karena terpapar sinar UV. Jika hal ini terjadi, karet tidak akan menyentuh kaca secara sempurna dan inilah waktunya untuk mengganti wiper baru.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi wiper setelah diganti. Ini akan sangat berguna, mengetahui kondisi karet wiper akan meminimalisir masalah kaca depan mobil lecet.


6. Pergantian musim

Untuk diketahui, jenis wiper sebenarnya berbeda-beda, ada yang dikhususkan untuk musim dingin yang mampu mencegah dampak negatif salju dan ada yang dikhususkan untuk musim panas.

Tapi, pemilik mobil di Indonesia tidak perlu khawatir akan hal ini. Pasalnya semua wiper yang digunakan secara garis besar sama. Tidak ada wiper khusus karena tidakadasalju.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)