8 Kelebihan Mobil Hatchback, Favorit Kawula Muda

Minggu, 14 Januari 2024 - 20:00 WIB
loading...
8 Kelebihan Mobil Hatchback, Favorit Kawula Muda
Ciri khas mobil hatchback adalah memiliki ukuran kecil, memiliki dua baris kursi serta bagasi yang terletak di belakang kursi belakang. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Banyaknya kelebihan mobil hatchback menjadikan kendaraan ini banyak diminati masyarakat terutama kalangan anak muda. Desain dan fitur menarik serta kemampuannya bermanuver di jalanan perkotaan tak terbantahkan.

Tak heran, deretan mobil-mobil hatchback seperti Toyota Yaris, Ford Fiesta, Honda Jazz, dan Suzuki Swift laris manis dan semakin banyak berseliweran di jalanan.

Ciri khas utama mobil hatchback adalah memiliki ukuran kecil. Di bagian kabinnya terdapat dua baris kursi serta bagasi yang terletak di belakang kursi belakang, dengan pintu yang bisa dibuka ke atas. Berbeda dengan sedan yang memiliki bagasi seperti bagian ekor, bagasi mobil hatchback menjadi satu dengan ruang penumpang.

Popularitas mobil-mobil hatchback di Indonesia dimulai sejak 2020. Kehadirannya langsung bisa bersaing dengan jenis city car, sport utility vehicle (SUV), dan multi purpose vehicle (MPV). Hal itu tak lepas dari banyaknya kelebihan mobil hatchback.


Berikut deretan kelebihan mobil hatchback dirangkum dari berbagai sumber:

1. Cocok untuk medan perkotaan


Kelebihan mobil hatchback paling mencolok adalah kemampuan bermanuver yang mumpuni di jalanan sempit dan padat khas perkotaan. Hal ini tak lepas dari desainnya yang aerodinamis dan compact dengan bodi kecil. Selain itu, radius beloknya juga lebih kecil ketimbang mobil jenis lain, sehingga jago melibas medan perkotaan.

2. Parkir mudah


Kelebihan mobil hatchback berikutnya adalah mudah mencari tempat parkir yang sering menjadi persoalan di perkotaan. Ukurannya yang mungil membuatnya tak membutuhkan ruang besar untuk parkir. Lagi-lagi, radius belok yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil lain, juga sangat membantu bermanuver saat parkir.

3. Hemat BBM


Kelebihan lain mobil hatchback selanjutnya adalah irit BBM, lantaran bentuknya mungil dan berbobot ringan. Mesin yang digendongnya juga relatif kecil antara 1.000 hingga 1.500 cc. Keunggulan ini menjadikan mobil hatchback banyak diminati karena medan perkotaan identik dengan kemacetan yang membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan otomatis boros bahan bakar. Ujung-ujungnya membuat pengeluaran lebih banyak.

4. Akselerasi responsif


Keunggulan lain mobil hatchback adalah akselerasinya yang responsif. Hal ini berkat bentuk mungil dan bobotnya yang ringan, menjadikan pengalaman berkendara di medan perkotaan nyaman dan menyenangkan.


5. Kabin dan bagasi lapang


Meski bentuknya mungil, namun desain kabin mobil hatchback cukup lapang berkat headroom yang tinggi. Mobil hatchback umumnya mampu membawa hingga 5 orang. Sementara kapasitas bagasinya sebesar 440.000 cc.

6. Desain menarik


Kelebihan lain mobil hatchback adalah dari sisi desain yang modern, sporty dan stylish, baik sisi interior maupun eksterior. Bentuknya compact dan proporsional, ditunjang garis-garis tajam dan aerodinamis. Pilihan warnanya pun beragam, mengakomodir selera anak muda.

7. Harga kompetitif


Harga mobil hatchback cukup beragam tergantung spesifikasi serta tahun produksi. Namun, secara umum harganya masih terjangkau untuk kantong masyarakat kelas menengah.

8. Biaya perawatan murah dan spareparts berlimpah


Mobil hatchback sebagaimana kendaraan bermotor lainnya memerlukan perawatan berkala seperti servis rutin, ganti oli serta penggantian komponen. Dibandingkan jenis mobil lain, ongkos perawatan mobil hatchback relatif lebih murah dan yang paling penting suku cadangnya banyak tersedia dan otomatis harganya terjangkau. Demikian deretan kelebihan mobil hatchback favorit anak muda, yang membedakannya dengan jenis-jenis mobil lain.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)