5 Tips Memilih Mobil Hatchback Sesuai dengan Kebutuhan

Sabtu, 01 April 2023 - 12:10 WIB
loading...
5 Tips Memilih Mobil Hatchback Sesuai dengan Kebutuhan
Mobil Hatchback merupakan salah satu jenis mobil yang cukup populer di Indonesia selain sedan dan SUV. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mobil Hatchback merupakan salah satu jenis mobil yang cukup populer di Indonesia selain sedan dan SUV. Hal yang membuat mobil ini jadi pilihan adalah ukurannya yang compact, membuat tidak perlu ruang yang besar untuk menyimpan ataupun parkir.

Honda Jazz, Daihatsu Sirion, Datsun Go, Toyota Yaris, hingga Chevrolet Spark jadi beberapa mobil hatchback yang kerap terlihat di jalanan Indonesia.

Sebelum menentukan mobil hatchback favorit, baiknya mengetahui tips memilih mobil hatchback supaya sesuai dengan kebutuhan dan tidak menyesal nantinya.


Tips Memilih Mobil Hatchback

Berikut ini beberapa tips memilih mobil hatchback, dimulai dari memperhatikan kebutuhan hingga menyesuaikan budget.

1. Perhatikan Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan kebutuhan yang diperlukan, seperti memperkirakan jumlah penumpang yang nantinya akan di bawa, kapasitas bagasi, hingga efisiensi bahan bakar supaya tidak boros.

2. Memeriksa Performa Mesin

Pastikan juga performa mesin yang dimiliki mobil hatchback pilihan sesuai dengan selera, seperti memiliki gambaran tentang tenaga dan torsi yang dipunyai mobil atau lebih mendetail hingga ke komponen mesin.

3. Periksa Fitur Keamanan

Kedepankanlah fitur keamanan dalam memilih mobil. Beberapa fitur yang harus ada diantaranya rem ABS, kantong udara, dan pengingat sabuk pengaman. Namun, saat ini sudah banyak mobil hatchback yang dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan canggih, seperti kamera belakang, sistem pengereman otomatis, dan lane departure warning.


4. Cek Fitur Hiburan

Telah banyaknya mobil hatchback yang mengusung fitur hiburan mumpuni, membuat konsumen lebih selektif dalam menentukan pilihan.

Beberapa fitur yang sebaiknya dimiliki mobil hatchback adalah sistem audio yang baik, konektivitas Bluetooth, dan port USB. Namun, saat ini sudah banyak mobil hatchback yang dilengkapi dengan fitur-fitur hiburan lainnya, seperti layar sentuh, sistem navigasi, dan sistem audio premium.

5. Menyesuaikan Budget

Hal terpenting dalam menentukan mobil adalah meninjau harganya terlebih dahulu. Pastikan harga mobil hatchback yang dibeli nanti tidak menjadi pembelian yang terlalu menguras kantong.

Selain memeriksa harga awal, survei juga terkait biaya pemeliharaan karena tidak semua mobil menyediakan onderdil dengan harga yang sama.

Bila memang belum dapat untuk membeli mobil baru, maka mobil bekas yang masih dalam kondisi baik dan memiliki harga yang lebih terjangkau bisa jadi pilihan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2841 seconds (0.1#10.140)