Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Siapa Juaranya?

Selasa, 16 Januari 2024 - 20:42 WIB
loading...
Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Siapa Juaranya?
Gaikindo mencatat Hyundai Ioniq 6 di posisi teratas dengan penjualan wholesales 7.176 unit. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Puluhan model mobil listrik telah resmi mengaspal di Indonesia. Baik mobil listrik asal pabrikan China, Jepang maupun Eropa.

Ditunjang dengan banyaknya pilihan, insentif pemerintah, serta ekosistem kendaraan ramah lingkungan yang semakin baik, angka penjualan mobil listrik pun merangkak naik. Sepanjang 2023, jumlah total penjualan mobil listrik di tanah air mencapai 17.062 unit. Data tersebut berdasarkan catatan penjualan wholesales alias pengiriman dari pabrik ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sementara untuk mobil listrik terlaris sepanjang 2023 di Indonesia, Gaikindo mencatat Hyundai Ioniq 6 di posisi teratas dengan penjualan wholesales 7.176 unit. Hal ini sangat menarik, mengingat mobil listrik berjenis SUV ini dibanderol dengan harga tinggi.

Sementara itu di posisi kedua bertengger Wuling Air ev yang mencatatkan penjualan 5.575 unit. Uniknya, Wuling BinguoEV yang resmi dijual pada awal Desember 2023, menempati urutan ketiga dengan distribusi mencapai 1.393 unit.



Namun, hal tersebut lumrah terjadi pada setiap mobil baru. Mengingat pabrikan akan menyalurkan banyak unit demi memenuhi kebutuhan diler. Mengingat, pemesanan BinguoEV juga sudah mencapai ribuan unit.

Pada posisi berikutnya dihuni oleh mobil listrik asal Eropa, BMW iX yang terdistribusi sebanyak 615 unit. Mobil yang masuk dalam golongan premium itu berhasil memikat hati konsumen Indonesia dengan desain dan performa yang ditawarkan.

Selanjutnya, Toyota bZ4X mengisi posisi kelima dengan penjualan wholesales sebesar 479 unit. Mobil listrik asal Jepang itu diikuti oleh Hyundai Ioniq 6 dengan mencatatkan distribusi sebesar 263 unit.

Secara keseluruhan, penjualan mobil listrik masih belum mampu menyaingi mobil berbahan bakar fosil. Bahkan, angka penjualannya masih terpaut jauh dari mobil hybrid yang mencatatkan penjualam lebih dari 54 ribu unit pada Januari-Desember 2023.


Berikut daftar mobil listrik terlaris di Indonesia sepanjang 2023:


1. Hyundai Ioniq 5: 7.176 unit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)