Suzuki Skywave 125, Skutik Kencang dan Boros yang Sedang Naik Daun

Minggu, 21 Januari 2024 - 08:05 WIB
loading...
Suzuki Skywave 125, Skutik Kencang dan Boros yang Sedang Naik Daun
Suzuki Skywave 125. FOTO/ YOUTUBE
A A A
JAKARTA - Suzuki Skywave 125 skuter legendaris yang diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 2007 hingga pada tahun 2011 kini menjadi incaran kolektor otomotif di Indonesia. Sama seperti Yamaha Nouvo kini Suzuki Skywave banyak diburu karena kinerja mesinnya dianggap mumpuni dan cukup besar untuk digunakan sehari-hari.



Berdasarkan pantauan SINDOnews dari situs jual beli online terpantau, rata-rata penjual melepas motor matic Suzuki ini diangka Rp 4,5 juta sampai Rp 6 jutaan. Harga tadi akan lebih mahal jika unitnya terawat dan modelnya spesial.

Pada model spesial macam Night Rider ini harganya ada yang sampai Rp12 juta. Tentu saja kondisinya sangat apik, body mulus dengan odometer rendah, dan siap pakai tentunya.

Tapi jika niatnya ingin merasakan seni merapikan motor, membangun ulang dengan mengganti beragam suku cadang baru, tentu membeli dengan harga murah akan lebih tepat. Setidaknya bisa mengisi waktu luang kalian.

Dimensinya agak besar dibandingkan motor matic kecil. Salah satu hal yang memberikan kesan besar tadi adalah penggunaan pelek 16 inci.

Lampu depan model ganda dengan bentuk agresif, terpisah kiri kanan dengan letak lampu sein yang berada di ujung atasnya. Bagian deknya nyaris rata, karena masih ada tonjolan yang merupakan rangkanya.

Body belakang punya bentuk dinamis yang menarik, serta buritan bodi yang meruncing. Asyiknya, Suzuki Skywave 125 ini jadi pelopor lampu belakang LED kala itu.

Perkara fitur, panel meternya tentu saja full analog dengan 2 buah cluster bulat untuk spidometer dan fuel meter. Terdapat pula 2 buah konsol di bawah setang dengan sebuah gantungan barang di tengahnya.

Bagasinya luas, bisa menampung sebuah helm open face sekaligus menjadi motor maric kedua setelah Yamaha Nouvo yang bagasinya muat helm. Di sampingnya, terdapat tangki bahan bakar berkapasitas 4,7 liter.

Urusan dapur pacu, tentu ini cukup disegani kala itu, belum masanya Honda PCX 150 atau Yamaha Nmax 155, mesin 125 cc masih jadi idola. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, 125 cc dan masih pakai karburator Mikuni BS26.

Output maksimal 9,7 PS pada putaran mesin 8.000 rpm serta torsi sebesar 9,6 Nm di 6.000 rpm. Meski sudah berumur, karakter mesinnya masih terhitung responsif terutama pada putaran rendah.

Suzuki Skywave 125 ini menjadi pesaing yang berat bagi Yamaha Nuovo. Kedua skuter ini memiliki desain yang elegan dan modern, performa mesin yang tangguh, fitur-fitur yang lengkap di zamannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)