Hindari Kesalahan Ini! Memanaskan Mobil yang Benar Cukup 5 Menit Saja

Rabu, 21 Februari 2024 - 17:19 WIB
loading...
Hindari Kesalahan Ini! Memanaskan Mobil yang Benar Cukup 5 Menit Saja
Cara memanaskan mobil yang benar penting dipahami pengguna. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara memanaskan mobil sangat menarik untuk diulas. Mengingat ini perlu dilakukan dengan benar untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi yang prima.

Memanaskan mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkahnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (21/2/2024).

1. Perhatikan Durasi Memanaskan Mobil

Durasi untuk memanaskan mobil sebenarnya tergantung dengan teknologi mesin yang digunakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, apabila sudah injeksi, cukup menyalakan mobil sekitar 5 menit saja.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan karburator atau berusia tua dengan teknologi lawas, durasi memanaskan mobil berkisar antara 10-15 menit. Memanaskan mobil perlu dilakukan setidaknya seminggu 2 kali.

2. Buka Semua Jendela Mobil

Mobil yang jarang dipakai kemungkinan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Untuk itu, saat memanaskan mobil, sebaiknya buka semua jendela agar sirkulasi udara tetap bersih dan nyaman.

3. Jangan Menginjak Pedal Gas

Tidak perlu menginjak gas saat memanaskan mobil. Biarkan saja mesin mobil mencapai putaran idle hingga indikator temperatur mesin naik. Menginjak gas saat mobil dipanaskan hanya akan membuang bensin.

4. Panaskan Mobil di Tempat Terbuka

Seperti diketahui bersama, gas yang keluar dari knalpot sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika memanaskan mobil dilakukan di ruang tertutup, maka bukan tidak mungkin akan mengalami keracunan.

Sebaiknya panaskan mobil di tempat terbuka. Atau jika tidak memungkinkan, bisa di ruangan tertutup seperti garasi namun pastikan pintu garasi dibuka agar ada sirkulasi udara.

5. Mengecek Kondisi Mobil

Sembari menunggu mobil dipanaskan, cek kondisi keseluruhan mobil melalui panel instrumen. Pastikan semua komponen bekerja dengan baik dengan cara mengamati indikator-indikator di dasbor.

Jika tidak ada lampu indikator yang menyala, artinya mesin mobil aman dan dalam kondisi prima. Nah itulah cara memanaskan mobil dengan benar. Bagaimana mudah bukan?



Untuk diketahui, memanaskan mobil juga termasuk upaya meningkatkan daya listrik pada aki mengingat daya listrik akan berkurang apabila mesin tidak dinyalakan. Selain itu juga akan membantu oli melumasi mesin secara merata.

Mobil yang tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama maka olinya akan turun. Jika tidak dipanaskan akan mengakibatkan sebagian mesinmenjadikering.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)