9 Tips Mobil Tidak Dimasuki Tikus, Perhatikan dan Langsung Praktik!

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 07:58 WIB
loading...
9 Tips Mobil Tidak Dimasuki Tikus, Perhatikan dan Langsung Praktik!
Melindungi mobil agar tidak dimasuki tikus sangat penting agar kendaraan tetap terawat. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tips mobil tidak dimasuki tikus ini perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan roda empat. Sebab, jika tikus sudah masuk ke dalam mobil akan sulit untuk mengeluarkannya.

Tikus terkenal suka bersembunyi dan tinggal di tempat tertutup dan lembab, membuat bagian tersembunyi mobil kerap dijadikan pilihan bersembunyi oleh hewan pengerat ini.

Selain itu, tikus juga merupakan hewan pengerat yang bisa menggerogoti kabel mobil sehingga bisa-bisa menimbulkan kerusakan pada mesin. Karena itulah penting untuk mengetahui tips mobil tidak dimasuki tikus.

9 Tips Mobil tidak Dimasuki Tikus

1. Bersihkan Mobil Secara Rutin

Tips mobil tidak dimasuki tikus yang pertama adalah dengan rutin membersihkan mobil dari sisa makanan atau remah-remah yang mungkin tertinggal di dalam mobil. Sebab tikus selalu tertarik dengan bau makanan.

2. Menggunakan Kamper atau Kapur Barus

Selalu selipkan kamper atau kapur barus di dalam maupun di sekeliling mobil, karena tikus membenci aroma tersebut. Kapur barus ini bisa dihancurkan terlebih dahulu baru disebarkan di bagian mesin atau dalam mobil.

3. Menggunakan Cairan Anti Tikus

Saat ini telah banyak dijual penyemprot anti tikus yang berguna untuk mengusir dan mencegah tikus untuk masuk ke dalam mobil. Namun cara ini haruslah dilakukan rutin karena sifatnya yang sementara.

4. Menggunakan Alat Pengusir Tikus

Terdapat perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk mengusir tikus dari kendaraan. Seperti alat ultrasonik yang bagus untuk mengusir tikus, namun perlu hati-hati dalam penggunaannya supaya tidak merusak interior mobil.

5. Menutup Lubang Atau Celah

Pastikan juga tidak ada celah atau lubang yang memungkinkan tikus masuk ke dalam mobil, seperti di bawah pintu atau di dalam kap mesin.

6. Selalu Memeriksa Kabel dan Kawat Mobil

Tikus dapat merusak kabel dan kawat kendaraan. Pastikan kabel dan kawat di dalam mobil terlindungi dengan baik, atau gunakan pelindung kawat khusus jika diperlukan.

7. Jangan Biarkan Mobil Lama Tidak Digunakan

Tikus cenderung mencari tempat berlindung di mobil yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Jika memang jarang digunakan, pastikan untuk memanaskan mobil secara teratur.

8. Memasang Lampu LED Low Voltage

Cara ini cukup efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil. Cukup letakkan lampu LED di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan di kala mobil diparkirkan.


9. Perhatikan Lokasi Sekitar

Hal paling utama adalah memarkirkan mobil di tempat yang bersih dan jauh dari semak ataupun selokan. Apabila garasi dalam kondisi kotor, sebaiknya dibersihkan dan untuk berjaga-jaga pakailah perangkaptikus.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3206 seconds (0.1#10.140)