Hati-hati, Merawat Cat Matte Hyundai Creta Alpha Lebih Ribet!

Sabtu, 24 Februari 2024 - 21:08 WIB
loading...
Hati-hati, Merawat Cat Matte Hyundai Creta Alpha Lebih Ribet!
Hyundai Creta Alpha dengan warna Optic White Matte yang dipamerkan di ajang IIMS 2024. Foto: SIndonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia baru saja mengenalkan Creta Alpha di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dengan warna matte. Ada 3 warna yang tersedia, yakni Optic White Matte, Magnetic Silver Matte, dan Midnight Black Matte.

Warna matte belakangan memang sedang populer. Berbeda dengan glossy, warna matte memberikan kesan gagah sekaligus elegan. Creta Alpha, yang mengambil basis dari Hyundai Creta tipe Prime itu menjadi mobil keempat Hyundai yang memiliki pilihan cat matte setelah Ioniq 5, Stargazer X, dan Ioniq 6.

Meski demikian, Head of Public Relations PT Hyundai Motors indonesia Uria Simanjuntak mewanti-wanti agar konsumen yang membeli Hyundai Creta Alpha lebih apik dalam merawat mobilnya.

Hati-hati, Merawat Cat Matte Hyundai Creta Alpha Lebih Ribet!

“Yang penting lebih apik, misalnya harus menggunakan microfiber, juga tidak boleh memakai wax atau air bertekanan tinggi,” ungkapnya. PT HMID sendiri sudah memberikan edukasi terkait cara merawat cat mobil bertipe matte yang berbeda dengan tipe glossy.

Memang lebih ribet, berikut adalah beberapa pantangan dalam merawat cat warna matte di mobil:

1. Jangan Gunakan Wax dan Kompon

Wax dan kompon dirancang untuk cat glossy. Wax dapat menyumbat pori-pori pada cat matte dan membuatnya terlihat mengkilap. Adapun kompon dapat mengikis lapisan cat matte dan merusak tampilannya.

2. Hindari Sabun Cuci Mobil Biasa

Sabun cuci mobil biasa mengandung deterjen yang keras dan dapat merusak cat matte. Gunakan sabun khusus untuk cat matte yang dirancang untuk membersihkan tanpa merusak lapisan cat.

3. Jangan Mencuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Mencuci mobil di bawah terik matahari dapat menyebabkan sabun mengering pada cat dan meninggalkan noda. Cuci mobil di tempat teduh dan bilas dengan air yang banyak.

4. Jangan Gunakan Tekanan Air Tinggi

Tekanan air yang tinggi dapat merusak lapisan cat matte. Gunakan selang dengan tekanan air yang rendah atau semprotan air untuk membersihkan mobil.

5. Hindari Menyikat Cat dengan Keras

Menyikat cat dengan keras dapat menyebabkan goresan pada cat matte. Gunakan spons microfiber yang lembut untuk membersihkan mobil.

6. Jangan Parkir Mobil di Bawah Pohon

Getah pohon dapat merusak cat matte. Parkir mobil di tempat yang teduh dan jauh dari pohon.

7. Segera Bersihkan Tumpahan Cairan

Tumpahan cairan seperti kopi, soda, atau jus dapat merusak cat matte. Segera bersihkan tumpahan cairan dengan kain microfiber yang basah.

8. Hindari Menggosok Noda dengan Keras

Menggosok noda dengan keras dapat menyebabkan goresan pada cat matte. Gunakan pembersih khusus untuk cat matte untuk menghilangkan noda.


9. Lakukan Perawatan Cat Secara Berkala

Lakukan perawatan cat matte secara berkala untuk menjaga tampilannya tetap optimal. Gunakan produk perawatan khusus untuk cat matte.

10. Bawa Mobil ke Bengkel Profesional

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara merawat cat matte, bawalah mobil ke bengkel profesional yang memiliki pengalaman menanganicatmatte.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2581 seconds (0.1#10.140)