Selamat Tinggal! Apple Hentikan Proyek Mobil Listrik, Fokus ke AI Generatif

Rabu, 28 Februari 2024 - 10:10 WIB
loading...
Selamat Tinggal! Apple Hentikan Proyek Mobil Listrik, Fokus ke AI Generatif
CEO Apple Tim Cook resmi membatalkan proyek mobil listrik Apple dan berganti fokus ke AI Generatif. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Setelah satu dekade pengembangan, Apple dilaporkan menghentikan proyek ambisiusnya untuk membuat mobil listrik otonom.

Menurut Bloomberg, Apple telah mengumumkan keputusan tersebut secara internal pada hari Selasa (27/2) dan mengatakan bahwa anggota tim yang terdiri dari 2.000 orang di balik proyek mobil tersebut akan dialihkan ke pengembangan teknologi AI generatif.

Chief Operating Officer Apple Jeff Williams dan Kevin Lynch, wakil presiden yang bertanggung jawab atas proyek tersebut, memberi tahu karyawan tentang penghentian proyek, Bloomberg melaporkan.

Dampak penghentian proyek itu juga adanya PHK. Namun, belum diketahui berapa banyak pekerja yang akan terdampak.

Sudah Uji Coba

Upaya Apple untuk membangun mobil listriknya sendiri telah dikabarkan selama bertahun-tahun, dan laporan terbaru menunjukkan Apple masih mengerjakan proyek tersebut.

Awal bulan ini, Wired melaporkan bahwa Apple telah melakukan uji coba berkendara lebih dari 72.000 km pada 2023 menggunakan teknologi mengemudi otonom yang dikembangkannya.

Sementara Bloomberg mengatakan pada bulan Januari 2024 Apple menunda peluncuran mobil yang diharapkan hingga 2028. The Verge menghubungi Apple dengan permintaan komentar tetapi tidak segera mendapat tanggapan.

Proyek Titan

Rumor tentang proyek mobil rahasia Apple berjuluk Project Titan, pertama kali muncul pada 2015. Apple merekrut sejumlah pemimpin penting untuk mengerjakan proyek tersebut, termasuk mantan direktur perangkat lunak Autopilot Tesla dan mantan CEO startup EV Canoo.

Namun, proyek tersebut tampaknya mengalami sejumlah hambatan selama bertahun-tahun, termasuk kepergian kepala mobil Apple Doug Field pada 2021.

Pada 2022, sebuah laporan dari The Information menguraikan bagaimana proyek tersebut mengalami banyak sekali kendala. Termasuk copot pasang pegawai, rencana yang terus berubah-ubah, dan skeptisisme internal.

Sementara itu, laporan lain menunjukkan bahwa Apple akan merilis mobil dibawah harga USD100.000 tanpa kemampuan self-driving canggih seperti yang diharapkan perusahaan.

Ganti Fokus ke AI Generatif

Mengalihkan sumber dayanya ke AI bisa jadi keputusan masuk akal bagi Apple, karena kabarnya perusahaan ini menghabiskan jutaan dolar sehari untuk melatih model AI sendiri, yang disebut Ajax.



CEO Apple Tim Cook juga baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa Apple meluncurkan fitur AI generatif di "akhir tahun ini,". Sementara rumor lain menunjukkan bahwa perusahaan sedang menguji pembaruan AI untuk Spotlight dan Xcode.

Meski Apple mungkin telah meninggalkan proyek mobil listrik self-driving, Sony dan Honda masih bekerja untuk membuka preorder mobil listrik Afeela mereka dengan fitur otonom di Amerika Utara tahun depan sebelum peluncuranpada2026.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)