Jangan Kaget, Miniatur Mobil-Mobil Ini Harganya Lebih Mahal dari Mobil Beneran

Jum'at, 01 Maret 2024 - 21:17 WIB
loading...
Jangan Kaget, Miniatur Mobil-Mobil Ini Harganya Lebih Mahal dari Mobil Beneran
Miniatur mobil dengan harga selangit yang diproduksi Amalgam. (Foto: Oddity Central)
A A A
JAKARTA - Miniatur mobil ada di mana-mana. Biasanya, mereka dibuat sebatas untuk menyalurkan hobi atau mainan belaka dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, faktanya ada sederet mobil miniatur yang harganya lebih mahal ketimbang mobil beneran. Kok bisa?

Ya, miniatur mobil-mobil ini diproduksi oleh perusahaan Amalgam di Inggris. Perusahaan ini memang mengkhususkan diri membuat model miniatur mobil sport ikonik yang menampilkan semua fitur hingga elemen terkecil.

Didirikan pada 1995 di Bristol, Amalgam telah membangun reputasi untuk menciptakan replika mobil miniatur paling detail di dunia. Mereka telah bekerjasama dengan Ferrari, Lamborghini, dan Aston Martin, sehingga memiliki akses ke data CAD asli dan gambar rekayasa kendaraan yang direplikasi, serta kode cat dan sampel warna mobil.

Amalgam juga menggunakan foto resolusi tinggi dan pemindaian digital untuk mereplikasi setiap kendaraan dengan sempurna. Setiap replika skala 1:8 dari perusahaan ini membutuhkan waktu antara 250 dan 450 jam kerja yang memakan waktu untuk menyelesaikannya, oleh karena itu harga miniatur mobil yang dihasilkan sangat mahal, mencapai USD30.000 atau Rp472 juta, tergantung pada modelnya.



Terbaru, Amalgam mengumumkan akan membuat miniatur Lamborghini Countach LP400 dan Lamborghini Revuelto dengan replika 1:8. Yang pertama akan diproduksi dalam seri 199 unit, dan sama seperti kreasi Amalgam lainnya, akan menampilkan semua elemen terkecil dari mobil asli, termasuk pintu gunting fungsional dan lampu depan yang muncul, serta replika yang mengesankan dari mesin V12. Harganya tak kaleng-kaleng, mencapai USD18.700 dan USD16.400.

Kreasi Amalgam bukanlah mainan sederhana, tetapi karya seni koleksi yang ditujukan untuk pemilik mobil mewah. Perusahaan ini menawarkan untuk membuat replika 1:8 khusus dari mobil siapa pun, hingga detail terkecil. "Kami akan membuat model yang sangat dan sangat detail yang mereplikasi setiap aspek spesifikasi mobil Anda," tulis situs web Amalgam.



"Kami akan menyelesaikan model dengan warna cat yang tepat dan penyelesaian interior. Bahkan detail terkecil termasuk misalnya warna jahitan pada kursi, pelat nomor, roda, setiap aspek yang terlihat dari mobil Anda akan direproduksi dengan sempurna pada model Anda."

Miniatur khusus sejumlah mobil tentu sedikit lebih mahal daripada model biasa. Sebagai contoh, model Revuelto biasa dihargai USD16.400, sementara replika khusus akan memakan biaya sekitar USD23.500.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)