Scania Luncurkan Sasis Bus Generasi Terbaru, Usung Teknologi Euro 5

Kamis, 07 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
Scania Luncurkan Sasis Bus Generasi Terbaru, Usung Teknologi Euro 5
Scania New Bus Generation dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 13.000 cc dan kompatibel dengan biosolar hingga B100. (Foto: Fadli Ramadan)
A A A
JAKARTA - Scania sebagai salah satu pemasok sasis bus premium di Indonesia meluncurkan produk terbaru di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehice (GIICOMVEC) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2024).

Berada di bawah naungan United Tractors (UT), generasi terbaru dari bus Scania menghadirkan fitur-fitur terkini yang menunjang kenyamanan dan keamanan. Pada pameran GIICOMVEC 2024, yang diselenggarakan pada 7-10 Maret 2024, Scania menghadirkan 2 model bus andalannya, yaitu K410CB-6X2*4 dan K450CB-6X2*4.

Scania New Bus Generation dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 13.000 cc dan kompatibel dengan biosolar hingga B100. Varian K410CB-6X2*4 memiliki tenaga sebesar 410 Horsepower (HP) yang menghasilkan torsi 2.150 Newton meter (Nm) pada 1.000 - 1.300 revolutions per minute (r/min), dan varian K450B-6X2*4 memiliki tenaga sebesar 450 HP yang menghasilkan torsi 2.350 Nm pada 1.000 - 1.300 r/min.

Kedua varian bus ini memiliki karakter torsi besar pada putaran bawah, yang berdampak terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Untuk mencapai standar emisi Euro 5, teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) juga disematkan pada mesin ini, sehingga menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, serta menjaga performa mesin tetap optimal di berbagai kondisi jalan.



Sementara pengemudi dimanjakan dengan dashboard desain terbaru yang lebih ergonomis, dimana seluruh tombol operasi dan visibilitas berkendara tersaji dengan sempurna.

Transmisi otomatis Opticruise yang disematkan pada Scania New Bus Generation membuat pengemudi lebih nyaman dan tidak mudah lelah, mengingat tidak perlu adanya pedal kopling yang dinjak selama bus beroperasi. Perpindahan gigi yang lebih halus dan minim hentakan juga memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpang.

Selain itu, untuk meningkatkan Kenyamanan penumpang, bus ini dilengkapi fitur suspensi udara terbaik di kelanya dengan Electronic Level Control (ELC), dan memili fitur kneeling untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari bus.



Soal keamanan, sistem pengereman Scania dirancang dan diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi, Dilengkapi Electronic Brake item (BS) yang diatur secara elektrik dan dapat dikombinasikan dengan fitur keselamatan yang lebin canggih lainnya.

Di dalam Electronic Brake item terdapat Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), Automatic Parking Brake, Hill Hold, Downhill Speed Control, serta Integrated Retarder yang berfungsi memperlambat kecepatan khususnya pada turunan panjang sehingga mengurangi penggunaan service brake serta mengantisipasi risiko rem blong.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3322 seconds (0.1#10.140)