Oli Mobil Rembes Bisa Bikin Mudik Lebaran 2024 Berantakan! Ini Penyebab & Solusinya

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:33 WIB
loading...
Oli Mobil Rembes Bisa Bikin Mudik Lebaran 2024 Berantakan! Ini Penyebab & Solusinya
Oli mobil yang rembes perlu diwaspadai mereka yang akan melakukan kegiatan mudik. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mudik Lebaran 2024 bakal didominasi oleh pengguna mobil pribadi, yang mencapai 35,41 juta orang. Perjalanan mudik yang panjang dan kemacetan bisa memaksa mesin mobil bekerja keras, sehingga perawatan rutin menjadi sangat penting. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebocoran oli.

Oli mesin sangat penting untuk menjaga performa dan ketahanan mesin. Oli melumasi komponen mesin, mendinginkannya, dan menjaga suhu optimal. Kebocoran oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, dan bahkan berakibat fatal.

Berikut beberapa penyebab oli mobil rembes yang perlu diwaspadai:

1. Filter oli usang atau rusak: Filter oli bertugas menyaring kotoran dalam oli. Jika filter oli bermasalah, oli tidak tersaring dengan baik dan dapat menyebabkan kebocoran.

2. Steker pembuangan oli bermasalah: Steker pembuangan oli yang rusak atau longgar dapat menyebabkan oli keluar dari celah antara steker dan mesin.

3. Gasket usang: Gasket mengisi celah antara dua komponen mesin untuk mencegah kebocoran. Gasket yang usang atau rusak tidak dapat mengisi celah dengan baik, sehingga oli dapat merembes keluar.

4. Overfilling oli: Mengisi oli melebihi kapasitas yang direkomendasikan dapat menyebabkan tekanan pada sistem oli tidak seimbang dan mendorong oli keluar dari celah-celah di mesin.


Tips Mencegah Kebocoran Oli:

- Lakukan perawatan rutin dan ganti oli secara berkala.
- Periksa ketinggian oli secara rutin.
- Perhatikan tanda-tanda kebocoran oli, seperti tetesan oli di bawah mobil atau asap putih dari knalpot.
- Segera perbaiki jika ditemukankebocoranoli.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)