China Siap Bikin Baterai Mobil Listrik yang Awet hingga 8 Tahun

Minggu, 17 Maret 2024 - 13:21 WIB
loading...
China Siap Bikin Baterai Mobil Listrik yang Awet hingga 8 Tahun
Nio bikin baterai mobil listrik yang awet hingga 8 tahun. FOTO/ CNET
A A A
BEIJING - Pabrikan kendaraan listrik asal China, Nio mengumumkan niat mereka untuk mengembangkan baterai bersama dengan produsen baterai kendaraan listrik terbesar di China, CATL (Contemporary Amperex Technology).



Baterai baru ini bertujuan untuk menghasilkan baterai yang dapat bertahan selama 15 tahun, hampir dua kali lipat umur rata-rata baterai EV saat ini.

Seperti dilansir dari SCMP Minggu (17/3/2024), secara tidak langsung, pernyataan Nio dan CATL berarti masa pakai baterai EV kini rata-rata tidak melebihi delapan tahun.

Menurut William Li, salah satu pendiri Nio dan juga CEO perusahaan, masa pakai baterai, keamanan baterai, harga baterai, efisiensi pengisian daya, kemudahan pengisian daya, dan masa pakai baterai adalah beberapa alasan yang masih menghalangi banyak orang untuk membeli kendaraan listrik.

“Solusi terhadap semua permasalahan baterai ini diperlukan saat ini untuk meningkatkan kepercayaan pasar dan menurunkan biaya kepemilikan,” kata Li.

Nio menjadi salah satu perusahaan EV yang tidak serta merta mau menurunkan harga kendaraan EV-nya meski merek lain sedang terburu-buru menurunkan harga.

Nio juga setuju untuk bekerja sama dengan Geely, Changan dan JAC untuk bersama-sama mengembangkan dan mempromosikan teknologi "penukaran baterai" atau konversi baterai EV.

Nia sebenarnya telah bekerja sama dengan CATL dalam pengembangan dan pengelolaan stasiun konversi baterai di seluruh China. Hingga saat ini, sudah ada 2.382 stasiun yang beroperasi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3656 seconds (0.1#10.140)