Layanan Tumpang Tindih, Grup Astra Akhirnya Lebur OLX Autos, Mobbi, dan mobil88 Jadi OLXmobbi

Senin, 18 Maret 2024 - 22:17 WIB
loading...
Layanan Tumpang Tindih, Grup Astra Akhirnya Lebur OLX Autos, Mobbi, dan mobil88 Jadi OLXmobbi
Grup Astra berupaya memperluas dan memperkuat ekosistem pasar mobil bekas di Tanah Air lewat OLXmobbi. Foto: Grup Astra
A A A
JAKARTA - Grup Astra resmi melebur tiga layanan mereka menjadi satu. Yakni mobbi, OLX Autos dan juga mobil88. Ketiganya disatukan jadi OLXmobbi dibawah naungan PT Astra Digital Mobil (ADMO).

OLXmobbi akan fokus pada bisnis layanan online dan offline jual beli mobil bekas yang berbasis teknologi serta one stop solution. Presiden Direktur PT Astra Digital Mobil Naga Sujady berharap penggabungan ketiga pemain besar di pasar mobil bekas Indonesia.

mobil88 pertama kali melayani masyarakat Indonesia pada 11 November 1988 di bawah PT Arya Kharisma.

Perjalanannya berlanjut pada 1999, mobil88 menjadi bagian dari Used Car Sales Operation di Auto2000, hingga akhirnya pada 2000 mulai menjadi bagian PT Astra International Tbk - Toyota Sales Operation (Auto2000).

Kemudian, pada 2006 mobil88 mulai menjadi bagian dari lini bisnis penjualan mobil bekas PT Serasi Autoraya. Hingga akhirnya mulai membentuk perusahaan sendiri atas nama PT Serasi Mitra Mobil pada 2010.

Sementara itu, platform digital jual beli mobil bekas mobbi sebenarnya pemain baru di Indonesia karena berdirinya di November 2022. Layanan mereka fokus pada penyediaan mobil bekas di berbagai perusahaan milik Astra.

”Layanan mobbi melibuti jual, beli hingga tukar tambah mobil bekas,” beber Direktur Astra Digital Mobil CK Yap. Adapun OLX dikenal dengan bisnis car listing, walau sebenarnya belakangan ini popularitasnya semakin pudar.

Direktur Tokobagus Indonesia Agung Iskandar berharap bergabungnya tiga brand besar ini dapat saling melengkapi satu sama lain.


Sebagai informasi, pada Agustus 2023 lalu, Grup Astra telah merampungkan proses akuisisi PT Tokobagus Indonesia (OLX Indonesia), di mana dengan akuisisi tersebut maka 100% saham OLX Indonesia dimiliki oleh PT Astra Digital Mobil (99,98%) dan PT Astra Digital Internasional (0,02%).

Sebelum mengakuisisi OLX Indonesia, ADMO menjalankan bisnis platform digital jual beli mobil bekas dengan merek mobbi.

Dengan bersatunya ketiga perusahaan, OLXmobbi mengklaim memiliki aset berupa 30 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan,danMedan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)