Tips Pilih Ban Mobil untuk Dipakai Mudik ke Kampung Halaman

Minggu, 31 Maret 2024 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Amati ukuran ban

Selain jenis dan kualitas, ukuran ban mobil juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih ban mobil. Ukuran ban mobil terdiri dari tiga angka yang menunjukkan lebar, rasio aspek, dan diameter pelek.

Misalnya, pada ban mobil dengan ukuran 205/55 R16, 205 menunjukkan lebar ban dalam milimeter, 55 menunjukkan rasio aspek, dan 16 menunjukkan diameter pelek dalam inci.

Perhatikan motif ban

Pola desain motif ban memiliki peran penting karena dapat meningkatkan gesekan ban dengan permukaan jalan. Jika gesekan tersebut rendah, maka risiko terpeleset atau tergelincir di jalan akan menjadi lebih tinggi.

Misalnya, jika sering melewati jalan yang licin dengan curah hujan tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan motif berdesain V karena memiliki gaya gesekan yang tinggi dan dapat mengurangi risiko tergelincir di jalan licin.

Namun, jika medan yang sering dilalui cenderung bergelombang, maka motif ban berdesain bulat merupakan pilihan yang tepat. Setelah memilih motif ban yang sesuai, penting untuk secara rutin menggantinya ketika pola desain ban sudah mulai halus.

Cek ketebalan ban

Ketebalan ban akan berpengaruh pada keseimbangan kendaraan dan meningkatkan performanya. Tidak mengherankan jika ban yang memiliki ketebalan yang tepat cenderung memiliki profil yang lebih tinggi daripada ban tanpa profil (ketebalan). Secara umum, ban yang baik memiliki ketebalan sekitar 50.

Cek tahun pembuatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2815 seconds (0.1#10.140)