Panduan Lengkap Membawa Kucing Naik Mobil: Persiapan, Tips, dan Perawatan

Kamis, 11 April 2024 - 14:33 WIB
loading...
Panduan Lengkap Membawa Kucing Naik Mobil: Persiapan, Tips, dan Perawatan
Membawa kucing ikut mudik hendaknya harus melakukan sejumlah persiapan terlebih dahulu. Foto: ElleVet Science
A A A
JAKARTA - Warganet geram melihat beberapa pemilik mobil yang membawa kucing semena-mena. Yakni, meletakkannya dalam kotak di atas atap mobil. Nah, sebenarnya bagaimana sih membawa kucing di mobil yang benar?

Nah, berikut adalah beberapa tipsnya seperti yang dirangkum dari Auto2000:

1. Siapkan Kandang atau Tas Kucing

Pastikan kandang cukup besar untuk memungkinkan kucing bergerak dengan leluasa. Pilih material yang mudah dibersihkan dan ventilasi yang baik agar udara dapat mengalir secara optimal.

2. Kucing Harus Terbiasa

Tempatkan kandang di ruang favorit kucing beberapa hari sebelum perjalanan agar “anabul” bisa menjelajahi dan merasakan kenyamanan di dalamnya.

3. Jaga Kondisi Kucing

Sebelum berangkat, pastikan kesehatan kucing Anda. Lakukan kunjungan ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

5. Perlengkapan Kucing

Jangan lupa menyertakan tas perlengkapan kucing yang berisi makanan favoritnya, air minum, serta perlengkapan harian seperti mangkuk, mainan, selimut, dan kotak pasir.

Tips Membawa Kucing Selama Perjalanan

Selama perjalanan, perhatikan kenyamanan dan keamanan kucing Anda di dalam mobil. Nah, berikut beberapa yang harus disimak:

1. Jaga Suhu dan Memastikan Sirkulasi Udara Baik
Panduan Lengkap Membawa Kucing Naik Mobil: Persiapan, Tips, dan Perawatan

Suhu di dalam mobil harus dijaga agar tetap nyaman bagi kucing. Hindari paparan langsung sinar matahari dengan menggunakan penutup jendela atau tirai mobil. Lebih-lebih meletakkan kucing atap mobil.

2. Makanan dan Minuman yang Cukup

Selama perjalanan, pastikan untuk memberikan makanan dan minuman yang cukup untuk kucing. Bawa makanan kering favoritnya dan bawa juga air minum yang aman dan mudah diakses.

3. Waktu Istirahat dan Toilet

Berhenti secara berkala untuk memberi kucing waktu istirahat dan kesempatan untuk menggunakan kotak pasir. Pilih tempat yang tenang dan aman untuk memberikan kucing waktu beristirahat dan buang air.


4. Pastikan Jendela Mobil Tertutup dan Pintu Terkunci

Dalam perjalanan, pastikan jendela mobil selalu tertutup rapat dan pintu terkunci dengan baik. Alasannya, tentu untuk mencegah kucing melompat keluar atau terpapar oleh lingkungan luar yang mungkinberbahaya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)