Tips Tidur Nyaman di Kendaraan saat Arus Balik Mudik

Sabtu, 13 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
Tips Tidur Nyaman di Kendaraan saat Arus Balik Mudik
Tidur di mobil saat perjalanan bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Memasuki hari ke-4 Lebaran, para pemudik yang telah selesai bersilaturahim di kampung halaman mulai kembali ke kota-kota besar.

Kondisi tubuh yang lelah setelah bersilaturahim tentu dialami oleh sebagian besar pemudik. Hal ini tentu akan berdampak pada kebugaran tubuh saat kembali ke perantauan. Agar capek tak terlalu terasa saat perjalanan jauh, ada baiknya beristirahat di kendaraan.

Namun tidur di mobil saat perjalanan bukan perkara mudah, apalagi bagi yang belum terbiasa. Nah berikut tips agar bisa tidur nyaman di kendaraan saat arus balik mudik, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (13/4/2024) :

1. Pilih posisi duduk dekat dengan jendela


Duduk dekat jendela merupakan posisi strategis yang akan mempermudah untuk bersandar. Posisi tidur juga akan lebih bervariasi. Gunakan jaket yang dilipat sebagai bantalan agar tidur semakin berkualitas.


2. Siapkan bantal leher


Bantal leher akan membuat posisi kepala lebih nyaman. Tanpa bantal leher posisi kepala bisa terlalu miring atau tertunduk dalam waktu lama, dan ini dapat menyebabkan pegal bahkan sakit saat terbangun.

3. Hindari lokasi tempat duduk yang bisa mengganggu tidur


Bagi yang mudik menggunakan transportasi umum, hindarilah posisi kursi yang dekat dengan pintu maupun toilet. Jika pintu dibuka, maka suara serta getarannya bisa terdengar dan akan mengganggu tidur.

4. Mendengarkan musik dan gunakan earphone


Sebagian orang akan lebih mudah tertidur jika mendengarkan musik. Nah kalau kalian merupakan tipe orang ini, maka jangan lupa untuk membawa earphone saat perjalanan mudik untuk penghantar tidur.

5. Gunakan penutup mata


Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan bayangan dan cahaya yang bergerak di atas mata yang berpotensi menganggu tidur, terutama saat menggunakan kendaraan umum. Jika tidak memiliki penutup mata khusus, bisa gunakan jaket.


6. Perhatikan durasi tidur


Tidur terlalu lama juga tidak bagus karena bukannya bugar, badan malah bisa pegal-pegal. Jadi perhatikan durasi tidur. Bisa minta dibangunkan dengan orang disamping atau bisa dengan menggunakan alarm.

7. Amankan barang berharga


Mudik menggunakan transportasi umum kerap kali dijadikan sasaran empuk para pelaku kejahatan. Ketika ingin tidur di perjalanan, letakkan barang berharga seperti dompet dan ponsel dalam satu tas selempang kecil lalu selipkan di sisi tubuh yang tak terlihat.

8. Matikan paket data


Internet aktif ketika tengah tertidur tentunya akan menganggu waktu tidurmu, karena akan banyak notifikasi yang masuk. Untuk itu, ada baiknya data dimatikan saja. Selain dapat menghindari gangguan, juga membuat baterai lebih hemat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)