Penting! Ini Arti Kode Kedipan Indikator Motor Injeksi Honda

Jum'at, 26 April 2024 - 15:51 WIB
loading...
Penting! Ini Arti Kode Kedipan Indikator Motor Injeksi Honda
Kedipan indikator motor injeksi Honda memiliki arti khusus. (Foto: Astraotoshop)
A A A
JAKARTA - Arti kode kedipan indikator motor injeksi Honda perlu dipahami bagi pemilik kendaraan agar mengetahui penyebab masalah pada kendaraan.

Motor injeksi memang menawarkan banyak kelebihan ketimbang motor kaburator. Di antaranya konsumsi bahan bakar lebih irit, lebih bertenaga dan perawatannya mudah. Kelebihan lain motor injeksi adalah kemudahan mendeteksi masalah pada komponen kendaraan.

Langsung saja, berikut arti kedipan indikator motor injeksi Honda dilansir dari Astraotoshop, Jumat (26/04/2024):

1 Kedipan


Berkedip satu kali menandakan adanya masalah pada sensor Manifold Absolute Pressure (MAP). Sensor ini berfungsi untuk mengukur tekanan udara di saluran intake sepeda motor. Kerusakan pada sensor MAP akan berdampak pada performa sepeda motor.

7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)


Jika sensor ini mengalami gangguan, mesin sepeda motor akan cenderung cepat panas. Salah satu penyebab mungkin adalah putusnya sambungan pada sensor tersebut. Untuk mengatasi masalah ini dan mencegah mesin motor dari panas yang berlebihan, cek level oli mesin dan cairan pendingin.


8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)


Masalah ini dapat disebabkan oleh rangkaian yang tidak berfungsi dengan baik atau kontak yang longgar. Dampak dari masalah ini adalah borosnya pemakaian bahan bakar dan mengakibatkan mesin sering mati.

9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)


Akibat dari sensor IAT yang rusak, akselerasi motor akan terganggu dan mesin tidak akan berfungsi dengan optimal. Indikasinya, lampu indikator pada sepeda motor Honda akan berkedip sebanyak 9 kali dengan pola pendek-pendek.

11 Kedipan : Sensor VS


Sensor Vehicle Speed merupakan sensor yang bertugas mengukur kecepatan sepeda motor. Jika terdapat masalah, maka perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut. Karena peran VS cukup krusial terhadap fungsi sepeda motor.

12 Kedipan : Sensor Injektor


Jika melihat lampu berkedip panjang 1 kali dan pendek 2 kali, itu menunjukkan kode kedipan 12, yang menandakan adanya masalah pada bagian injektor. Biasanya, jika kedipan ini terjadi, mesin motor tidak dapat dihidupkan.

21 Kedipan : Sensor O2 – Oxigen sensor


Ketika lampu indikator berkedip panjang dua kali dan pendek satu kali, maka hal tersebut terbaca sebagai kode kedip 21 kali. Jika mengalami hal ini, penting untuk memeriksa bagian sensor oksigen atau O2.

Biasanya, masalah ini disertai dengan suara letupan pada knalpot motor dan kesulitan dalam menghidupkan mesin. Solusinya adalah membawa motor ke bengkel terdekat untuk membersihkan sensor oksigen.

29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)


Ketika masalah ini terjadi, pengendara mungkin akan menghadapi beberapa masalah seperti kesulitan menghidupkan mesin motor, kondisi stasioner yang bergetar kasar, dan konsumsi bahan bakar yang boros.

Baca Juga: 5 Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)


Engine Control Module (ECM) adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengontrol berbagai aspek kinerja mesin sepeda motor. Jika ECM mengalami masalah, dapat mempengaruhi berbagai sistem di sepeda motor, seperti sistem bahan bakar, sistem pengapian, dan lain-lain

52 Kedipan : Sensor CKP (Crankshaft Position)


Ketika melihat kedipan panjang sebanyak 5 kali dan kedipan pendek sebanyak 2 kali, itu artinya terdapat masalah pada sensor CKP. Sensor CKP yang rusak dapat menyebabkan sepeda motor terasa kasar, akselerasi motor berkurang, dan bahkan mesin menjadi sulit untuk dihidupkan.

54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)


Kode kedipan ini mengindikasikan adanya masalah pada sensor BAS atau Bank Angle Sensor. BAS memiliki fungsi yang penting pada sepeda motor Honda yaitu membuat motor otomatis mematikan mesin saat terjadi kecelakaan atau jatuh.

Dengan memahami arti kode kedipan motor injeksi, pemilik kendaraan dapat mengantisipasi terjadinya masalah pada kendaraan sebelum menjadi lebih parah.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)