5 Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Jum'at, 18 Maret 2022 - 17:17 WIB
loading...
5 Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus
Lampu indikator motor injeksi menyala terus merupakan salah satu tanda-tanda kerusakan yang perlu diwaspadai. Foto/Carmudi
A A A
JAKARTA - Lampu indikator motor injeksi menyala terus merupakan salah satu tanda-tanda kerusakan yang perlu diwaspadai. Lampu indikator motor adalah salah satu fasilitas motor yang sangat berguna untuk mendeteksi kerusakan.

Lampu indikator terletak pada dashboard speedometer. Dalam keadaan normal, lampu indikator ini akan menyala selama tiga detik saat mesin motor dihidupkan. Namun jika lampu tetap menyala, artinya ada kerusakan yang terjadi pada mesin motor injeksi.

Meskipun terbilang mudah dalam perawatan, bukan berarti mesin injeksi tidak luput dari kerusakan. Dilansir dari laman resmi Planet Ban, berikut penyebab lampu indikator motor injeksi menyala terus.

1. Masalah Pulser
Pulser berfungsi menentukan waktu pengapian kepada CDI atau ECU ke SCR, kemudian menginstruksikan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskannya. Jika pulser dalam kondisi lemah biasanya akan menyebabkan sepeda motor tersendat-sendat, seperti kehabisan bensin dan sering kali mogok.

Baca juga; Yamaha Akui Motor Matik Menggerus Eksistensi Motor Bebek

2. Masalah Throttle Position Sensor (TPS)
Throttle Position merupakan sensor berfungsi membaca besaran bukaan gas dan memberikan sinyal tersebut ke ECU. Jika terjadi kerusakan, gejala yang ditimbulkan adalah putaran mesin jadi berat, bahkan tidak bisa idle. Jika terus diabaikan, TPS yang rusak nantinya akan menyebabkan tarikan motor menjadi kurang optimal.

3. Masalah ECU Motor
Di dalam ECU semua komponen pada mesin injeksi dikontrol. Seperti riding mode, bukaan bensin, dan campuran udara. Oleh karena itu, ECU merupakan salah satu komponen paling fundamental pada sepeda motor. Jika ada kerusakan pada ECU, kemungkinan besar seluruh sistem mesin motor injeksi anda akan mengalami kerusakan.

Baca juga; Penjualan Motor Bekas Meroket, Ini Motor Bekas Terlaris Menurut Pedagang

4. Masalah Saringan Udara
Penyebab lampu indikator motor injeksi menyala terus adalah filter udara. Ada indikasi saringan udara yang sudah kotor sehingga perlu diganti dengan yang baru. Dengan kerusakan ini, lampu indikator injeksi bisa langsung menyala secara otomatis untuk memberikan peringatan kepada Anda.

5. Power Supply ke Fuel Injector Rusak
Kerusakan regulator tidak berfungsi dan battery (aki) karena tidak terisi dengan sepenuhnya merupakan salah satu penyebab lampu indikator motor injeksi menyala terus. Namun, pengisian terlalu over (over charging) juga bisa jadi penyebabnya. Tanda terjadi kerusakan power supply adalah apabila indikator menunjukkan kedipan hingga 46 kali.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2573 seconds (11.97#12.26)