Identik dengan Motor Yamaha, Inilah Plus Minus Mesin SOHC

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:25 WIB
loading...
Identik dengan Motor Yamaha, Inilah Plus Minus Mesin SOHC
Inilah Plus Minus Mesin SOHC. FOTO/ YMC
A A A
JAKARTA - Mesin Single Overhead Camshaft ( SOHC ) kerap digunakan di motor Yamaha Mesin dengan desain SOHC memiliki karakteristik khusus yang memengaruhi performa, efisiensi, dan biaya produksi.



SOHC mengacu pada desain mesin di mana satu poros engkol (crankshaft) mengendalikan satu poros nok (camshaft) yang terletak di atas kepala silinder.

Poros nok ini berputar seiring dengan putaran poros engkol dan mengendalikan buka dan tutup katup mesin menggunakan tuas pengikut atau rocker arm. Dengan cara ini, nok tunggal ini mengontrol katup masuk dan buang dalam mesin motor.

Berikut plus minus mesin SHOC

1. Desain yang Sederhana
Mesin SOHC memiliki desain yang relatif sederhana dibandingkan dengan mesin DOHC (Double Overhead Camshaft), sehingga lebih mudah diproduksi dan dirawat.

2. Biaya Produksi Lebih Rendah
Proses produksi mesin SOHC lebih ekonomis, karena hanya menggunakan satu poros nok untuk mengendalikan katup pada satu bank silinder.

3. Bobot yang Lebih Ringan
Mesin SOHC cenderung lebih ringan daripada mesin DOHC, karena memiliki komponen yang lebih sedikit.

4. Perawatan yang Mudah
Struktur yang lebih sederhana membuat perawatan mesin SOHC menjadi lebih mudah dan terjangkau, baik untuk perbaikan maupun pemeliharaan rutin.

5. Pemakaian Ruang yang Efisien
Mesin SOHC dapat dirancang untuk memanfaatkan ruang yang lebih efisien dalam ruang bakar, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)