Kendaraan Masa Depan, Ini Penampakan Mobil Terbang GAC AION

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:29 WIB
loading...
Kendaraan Masa Depan, Ini Penampakan Mobil Terbang GAC AION
Desain mobil terbang milik GAC Aion. (Foto: Wiwie Heryani)
A A A
CHINA - Sejumlah perusahaan otomotif terus berinovasi menciptakan kendaraan masa depan. Tak hanya sebatas kendaraan listrik saja, mereka mulai memikirkan kehadiran mobil terbang.

Tidak terkecuali di China, negara ini menjadi salah satu pihak yang mulai merancang desain mobil terbang dan berencana memproduksinya di masa depan. Meski membutuhkan riset yang matang, beberapa perusahaan otomotif di Negeri Tirai Bambu tersebut sudah mulai membuat rancangan mobil terbang. Salah satunya GAC Aion, merek kendaraan listrik terkemuka ini ternyata sudah mempersiapkan rancangan desain mobil terbang yang cukup inovatif.

Nah, SINDOnews baru-baru ini mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung wujud dari desain mobil terbang milik GAC Aion, yang berada di pusat Manufaktur Cerdas Aion di Guangzhou itu.

Bentuk mobil terbang tersebut tampak unik dan inovatif. Pasalnya, mobil tersebut terdiri dari dua bagian. Bagian bawahnya memiliki bentuk mobil roda empat pada umumnya, di mana bisa berfungsi sebagai mobil listrik biasa, meski hanya memiliki satu tempat duduk, namun dengan beberapa aksesori tidak biasa di atasnya.



Bagian atasnya, dilengkapi dengan ‘flying pod’ menyerupai drone besar, di mana bagian inilah yang bisa terbang dan bisa terpisah dari badan mobil listrik di bawahnya. Dengan kata lain, untuk perjalanan yang lebih pendek, mobil listrik di bawahnya bisa menjadi landasan mobil terbang di atasnya.

Tim GAC Aion yang memandu kami menjelaskan, bahwa mobil terbang yang ada di pabrik tersebut baru sekedar rancangan, dan mungkin baru akan diproduksi dalam waktu yang masih cukup lama.

Mengingat, memproduksi mobil terbang tentu membutuhkan riset matang, termasuk sejumlah regulasi dan tantangan birokrasi untuk mendapatkan persetujuan digunakan penumpang di China. “Ini mungkin masih butuh beberapa puluh tahun lagi untuk diproduksi. Jadi ini baru sekedar rancangan,” ujar salah satu tim GAC Aion tersebut.

Mobil terbang tersebut sendiri dijuluki dengan GOVE, yakni singkatan dari ‘GAC’s on-the-go, vertical-flight, electric vehicle’. Mobil terbang satu ini memiliki kursi dan enam rotor, serta menggunakan teknologi terbang otonom ADiGO-Pilot dari GAC untuk memungkinkan pemilik melakukan perjalanan ke tujuan mereka dengan sangat cepat dan mudah.



Bagian atas mobil terbang tersebut dapat dioperasikan dari jarak jauh, artinya dapat mengisi daya sendiri saat berada di udara. “Mobil terbang ini multifungsi karena bisa dijadikan mobil terbang ataupun mobil listrik biasa untuk perjalanan darat,” kata Tim GAC Aion.

Sejauh ini, tim GAC Aion belum bisa memberikan detail lebih lengkap tentang jangkauan, daya, dan ketersediaan mobil terbang tersebut. Namun, menurut laporan CNEVpost sebelumnya, GAC rencananya akan bermitra dengan perusahaan seperti Ruqi Mobility dan Robotaxi di masa mendatang untuk membangun departemen mobil terbangnya.

Selain perusahaan China, perusahaan lain seperti Hyundai, Xpeng, dan Airbus juga diketahui telah bereksperimen membuat mobil terbang, salah satunya konsep drone lepas landas dan mendarat vertikal listrik untuk transportasi penumpang.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7062 seconds (0.1#10.140)
pixels