Senyap, Militer Rusia Gunakan Motor Listrik di Medan Perang

Jum'at, 31 Mei 2024 - 13:53 WIB
loading...
Senyap, Militer Rusia Gunakan Motor Listrik di Medan Perang
Tentara Rusia menggunakan sepeda motor listrik untuk menyerang pertahanan Ukraina. (Foto: RT)
A A A
JAKARTA - Tren kendaraan listrik tak hanya melanda para pencinta otomotif. Di medan perang, kendaraan ramah lingkungan ini juga diminati. Terbukti militer Rusia menggunakan motor listrik sebagai salah satu armada andalan.

Salah satu kelebihan motor listrik adalah tidak menghadirkan suara berisik. Kesenyapan yang dihadirkan penting di medan perang agar tak terpantau lawan. Motor listrik juga tidak begitu terpantau kamera thermal.

Russian Today, Jumat (31/5/2024) melaporkan sejumlah tentara Rusia menggunakan sepeda motor listrik untuk menyerang posisi pertahanan Ukraina.

Selain senyap dan tidak terpantau kamera termal, penggunaan sepeda motor listrik lantaran kedua belah pihak yaitu Ukraina dan Rusia sama-sama menghadapi kekurangan peralatan militer. Secara khusus, Rusia kekurangan kendaraan tempur infanteri dan pengangkut personel lapis baja yang dibutuhkan untuk mengangkut tentara. Mereka bahkan menggunakan tank yang terlihat seperti gudang sebagai alat transportasi darurat.



Pilihan transportasi akhirnya jatuh ke sepeda motor. Kendaraan ini dianggap efektif mencapai posisi pertahanan atau sedekat mungkin dengan benteng musuh. Meskipun hal ini mungkin masuk akal pada awalnya, dalam jangka panjang, ini hanyalah misi bunuh diri.

Sebagai solusinya, koresponden perang Andrey Filatov menyarankan penggunaan sepeda motor listrik, yang lebih senyap dan kurang terlihat dalam pencitraan termal.

Sepeda motor, buggy, dan sepeda motor listrik adalah moda transportasi yang sangat berguna melintasi wilayah terpencil Ukraina, yang pada musim semi dan gugur menjadi seperti rawa literal. Keuntungannya adalah kecepatannya, yang membuat artileri sulit mengenai pengguna. Namun, moda transportasi ini tidak memberikan perlindungan apapun.



Selain itu, kelemahan signifikan dari buggy atau sepeda motor dengan mesin pembakaran adalah kebisingan yang dihasilkan dapat didengar dari beberapa mil jauhnya dan memiliki tanda termal tinggi yang mudah ditangkap oleh drone dengan kamera termal.

Oleh karena itu, baik Ukraina maupun sebagian Rusia, menggunakan sepeda motor listrik . Kendaraan ini memiliki jangkauan dan kecepatan yang cukup dengan menghasilkan tanda termal dan akustik yang sangat rendah. Selain itu, baterai motor listrik dapat berfungsi sebagai bank daya, menyediakan kemampuan untuk mengisi daya peralatan elektronik di lapangan, di mana akses listrik adalah barang mewah.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)
pixels