4 Penyebab Lampu Mesin Senyap Tidak Menyala saat On

Rabu, 05 Juni 2024 - 19:06 WIB
loading...
4 Penyebab Lampu Mesin Senyap Tidak Menyala saat On
Lampu Mesin Senyap terkadang tidak menyala saat on. (Foto: YouTube Mark Flores)
A A A
JAKARTA - Saat berkendara terdapat ikon oranye di dasbor. Fitur bernama Lampu Mesin Senyap menjadi semacam perangkat komunikasi penting antarkendaraan sehingga ketika tidak menyala saat on menandakan sebuah kendala.

Lampu Mesin Senyap tidak menyala saat on menunjukkan adanya masalah kemampuan di dalam sistem kendaraan. Berikut penyebab umum di balik Lampu Mesin Senyap tidak menyala saat on dilansir dari laman Thirdgen.org, Rabu (5/6/2024) :

1. Lampu Bohlam Terbakar


Lampu bohlam yang mudah terbakar di bagian belakang klaster perangkat lampu senyap biasanya menjadi penyebab terbanyak. Hal ini mudah diatasi dengan mengganti bohlam. Mintalah saran dari mekanik untuk jenis bohlam yang tepat dan prosedur alternatif.


2. Sambungan Listrik Rusak


Sambungan listrik yang rusak antara unit pengatur mesin (ECU) dan klaster perangkat dapat membuat lampu mesin tidak menyala. Kondisi ini terjadi mungkin akibat kabel putus, konektor longgar, atau sekring putus. Mintalah mekanik spesialis listrik untuk memperbaiki.

3. Sekring Putus


Sekring yang berfungsi untuk memberi daya pada rangkaian lampu mesin terkadang putus. Jika putus, perbarui dengan sekring dengan besaran arus listrik yang sama. Jangan sekali-kali menggunakan sekring dengan besaran lebih besar ataupun lebih kecil karena dapat menyebabkan kerusakan listrik.


4. Unit Kontrol Mesin (ECU) Rusak


ECU kerap disebut sebagai komputer kendaraan berfungsi penting untuk menjalankan berbagai sensor di kendaraan. Dalam kasus yang jarang terjadi, ECU yang tidak berfungsi dapat menjadi penyebab lampu mesin belakang senyap rusak. Masalah ECU memerlukan bantuan ahli dari mekanik bersertifikat khusus.

Lampu Mesin Senyap yang tidak menyala saat on harus segera ditangani karena dapat merembet ke berbagai kerusakan lainnya. Misalnya, kemampuan efisiensi bahan bakar berkurang serta membahayakan pengemudi.

Sebagai bentuk pencegahan, pemilik kendaraan wajib melakukan perawatan rutin serta lebih jeli memerhatikan perubahan suara, getaran, atau perubahan performa yang tidak biasa. Lantaran hal-hal tadi bisa menjadi tanda peringatan dini potensi masalah.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6429 seconds (0.1#10.140)
pixels