Viral! Sopir Angkot Lawan Arah Pukul Pemotor yang Menegur, Simak Aturan dan Sanksi Hukumnya

Rabu, 26 Juni 2024 - 17:32 WIB
loading...
Viral! Sopir Angkot...
Sopir angkot lawan arah yang memukul pemotor akhirnya meminta maaf. Foto: Instagram/@memomedsos
A A A
BOGOR - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang sopir angkot yang memukul pengendara motor karena tidak terima ditegur saat melawan arah. Video yang diunggah oleh akun Instagram @memomedsos ini menunjukkan angkot berwarna biru melaju kencang di jalur satu arah.

Pemotor yang melihat pelanggaran tersebut langsung mengadang angkot dan menegur sopirnya. Namun, sopir angkot tersebut tidak terima dan malah turun dari mobilnya untuk memaki dan memukul pemotor tersebut.

"Kenapa? Elu kenapa? Yang lain pada lewat, elu malah rese sendiri. Elu kenapa? Mobil gue mogok, rusak!" teriak sopir angkot dengan nada kesal.

Pemotor tersebut tidak percaya dengan alasan sopir angkot yang mengaku mobilnya mogok dan hendak pergi ke bengkel. Pasalnya, mobil tersebut berjalan dengan normal dan bahkan bisa melakukan pengereman dengan baik saat dihadang.

Peristiwa ini memicu kemarahan warganet yang melihat video tersebut. Mereka meminta pihak kepolisian untuk menindak tegas sopir angkot tersebut.

"Sekali-sekali polantas pakaian preman trs menegur yang lawan arah gimana reaksi marah-marah gak terus sekalian tilang yg lawan arah," komentar salah satu warganet.

Melawan arah merupakan pelanggaran lalu lintas yang memiliki sanksi hukum. Pasal 106 ayat (4) huruf a UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mengatur larangan tersebut. Pelanggar dapat dikenai sanksi pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu sesuai Pasal 287 ayat (1) UU LLAJ.

Selain itu, jika perbuatan melawan arah menyebabkan kecelakaan lalu lintas, pelaku dapat dikenai sanksi yang lebih berat sesuai Pasal 229 ayat (3) dan Pasal 310 ayat (4) UU LLAJ.



Belakangan, sopir angkot di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tersebut akhirnya menyampaikan permohonan maaf. Permohonan tersebut disampaikan setelah videonya viral di media sosial.

Sopir angkot yang diketahui bernama Agus Setiawan mengaku lawan arah karena terburu-buru.

"Saya mohon maaf atas kejadian kemarin saya melakukan itu karena saya lagi terburu-buru karena mobil saya ada kendala. Atas kejadian kemarin, saya memohon maaf kepada pengguna jalan dan saya berjanji tidak akan mengulanginya kembali," katanya.

Video viral ini menjadi pengingat bagi semua pengguna jalan untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas dan tidak melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri maupunoranglain.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)