Investasi VW ke Rivian Menunjukkan Pabrikan Eropa Kewalahan Bersaing di Mobil Listrik

Senin, 01 Juli 2024 - 22:00 WIB
loading...
Investasi VW ke Rivian Menunjukkan Pabrikan Eropa Kewalahan Bersaing di Mobil Listrik
VW melakukan investasi jangka panjang sebesar USD5 miliar kepada startup mobil listrik asal Amerika Rivian. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Hubungan Eropa dan China memanas, seiring rencana Uni Eropa (UE) untuk menaikkan tarif mobil listrik China hingga 38 persen.

Intervensi UE dilakukan setelah AS mengambil langkah yang jauh lebih berani dengan menaikkan tarifnya untuk mobil listrik Cina dari 25% menjadi 100% bulan lalu.

Biaya yang diusulkan berkisar antara 17,4% hingga 38,1%, tergantung pada merek dan seberapa banyak mereka bernegosiasi dengan penyelidikan UE.

Mereka akan dikenakan di atas tarif saat ini sebesar 10% yang dikenakan pada semua mobil listrik yang diproduksi di Cina.

UE mengatakan mobil listrik China secara tidak adil disubsidi oleh pemerintah. Namun China membantahnya dan menuduh UE melakukan proteksionisme dan melanggar aturan perdagangan.

Menteri Transportasi Jerman, Volker Wissing, mengatakan langkah tersebut berisiko menimbulkan "perang dagang" dengan Beijing.

Sulit Bersaing dengan Mobil China?

Raksasa otomotif Eropa VW, belum lama ini memberikan suntikan modal yang besar kepada startup mobil listrik Rivian dari Amerika. Harapannya, investasi tersebut dapat mempercepat perkembangan kendaraan listrik mereka.

VW saat ini sedang keteteran dalam mengembangkan perangkat lunak untuk mobil listrik. Terutama saat unit bisnis sofware Cariad yang mengalami berbagai penundaan dan masalah.

Rivian dianggap memiliki keahlian luar biasa dalam pengembangan perangkat lunak dan arsitektur elektrik. Itu yang membuat VW berharap dapat mempercepat dan memperbaiki upaya pengembangan perangkat lunak mereka.



Selain itu, VW berharap bisa mengakses dan mengintegrasikan teknologi Rivian ke dalam berbagai merek mereka, termasuk Porsche dan Audi.

Teknologi arsitektur zonal Rivian, yang memungkinkan pengurangan unit kontrol elektronik (ECU) dan efisiensi yang lebih tinggi, dapat menjadi aset berharga bagi VW dalam mengembangkan kendaraan listrik yang lebih canggih dan efisien.

Investasi ke Rivian juga membuat VW bisa tetap kompetitif dalam pasar kendaraanlistrikglobal.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)
pixels