Punya Truk Listrik eCanter, Fuso Tagih Kejelasan Regulasi Kendaraan Listrik Komersial

Selasa, 23 Juli 2024 - 21:01 WIB
loading...
Punya Truk Listrik eCanter,...
Diskusi yang digelar FUSO di GIIAS 2024, Selasa (23/7/2024). FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) resmi menjual truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter. Namun, belum ada kejelasan regulasi yang menanugi kendaraan listrik komersial.



Aji Jaya, Sales and Marketing Director PT KTB mengungkapkan bahwa alasan Mitsubishi menghadirkan Fuso eCanter menjadi bentuk komitmen dalam mengurangi emisi. Tapi, ia menyayangkan aturan yang mengatur mengenai kendaraan listrik komersial di Indonesia belum jelas.

"Kendaraan listrik penumpang yang telah terlebih dahulu hadir tak lepas dari regulasi yang diterapkan oleh pemerintah dan untuk kendaraan komersial kami juga berharap yang sama," kata Aji di arena GIIAS 2024, ICE BSD City, Tangerang, Selasa (23/7/2024).

Aji mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pemerintah terkait regulasi kendaraan listrik komersial. Salah satunya adalah diizinkannya melalui jalan protokol yang tak boleh dilalui kendaraan komersial konvensional di jam tertentu.

"Ada beberapa permintaan dari kami yang membutuhkan dukungan dari pemerintah, agar pebisnis mau berindah dari truk yang menggunakan internal combustion engine ke truk listrik," tuturnya.

"Semua permintaan atas regulasi yang kami sampaikan hanya untuk konsumen dan kami berharap regulasi tersebut berpihak pada konsumen," lanjut Aji.

Kementerian Perindustrian yang diwakili oleh Patia Jungjungan Monangdo selaku Staff pada Seksi Sumber Daya Industri dan Sarana Prasarana mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini tengah mengkaji regulasi untuk kendaraan komersial. Saat ini, pihaknya baru menyelesaikan regulasi bus listrik.

"Tentunya kendaraan listrik komersial atau truk listrik juga menjadi perhatian kami karena kedepannya kita akan menuju kesana. Kami akan masuk penyelesaian regulasi truk listrik," ungkap Patia.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3217 seconds (0.1#10.140)