Tren Baru! Generasi Milenial Incar Mobil Bekas, MPV Paling Dicari

Rabu, 24 Juli 2024 - 08:00 WIB
loading...
Tren Baru! Generasi...
Generasi milenial menjadi garda terdepan pasar mobil bekas di Indonesia. Foto/Carro
A A A
JAKARTA - Generasi milenial menjadi garda terdepan pasar mobil bekas di Indonesia. Mereka mengincar mobil idaman dengan harga yang sesuai dengan kondisi kantong.

Berdasarkan data yang dihimpun tempat jual beli mobil bekas online Carro, 64 persen dari semua penjualan mobil bekas mereka di paruh pertama 2024 melibatkan pelanggan milenial, dan diperkirakan persentasenya akan terus berkembang seiring waktu.

“Dari data penjualan Carro, kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak, dan juga credit score yang semakin baik. Banyak masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih affordable,” ujar Bryan Tan, Country Head Carro Indonesia, Rabu (24/7/2024).

Pasar mobil bekas Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh pertumbuhan ekonomi dan kemudahan skema finansial yang banyak ditawarkan oleh perusahaan di bidang keuangan. Pada tahun 2024, pasar mobil bekas di Indonesia diperkirakan mencapai USD 56,34 miliar, dan akan terus meningkat hingga mencapai USD 74,48 miliar di tahun 2028.



Meningkatnya minat akan kendaraan yang lebih besar, seperti MPV dan SUV juga menjadi salah satu pendorong pasar mobil resale, karena banyak milenial yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan budget terbatas.

Berdasarkan data dari Carro, beberapa pilihan mobil yang paling populer bagi kalangan Milenial pada paruh pertama tahun 2024 ialah :

1. Multipurpose Vehicle (MPV)


Dengan persentase penjualan terbesar, 41 persen generasi milenial mengincar MPV. Dilengkapi ruang yang lebih luas dan kegunaan yang fleksibel, MPV sangat cocok digunakan untuk menempuh jarak yang jauh dengan keluarga.


2. City car


Kategori mobil ini juga didominasi oleh kaum milenial dengan penjualan mencapai 35 persen. Mobil ini cocok untuk pekerja di perkotaan yang padat dan sering mengalami macet.

3. Sport Utility Vehicle (SUV)


1 dari 4 orang yang membeli mobil SUV adalah milenial, atau sekitar 22 persen. Mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi, SUV cocok untuk dipakai berkendara di jalan perkotaan maupun pada medan berat seperti jalanan berbatu.

“Popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi Milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas. Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, dan dalam kualitas yang baik, mobil bekas bisa memberikan kenyamanan seperti layaknya mobil baru. Yang diinginkan pembeli adalah mobil berkualitas yang sesuai dengan keinginan dan budget,” Tan menjelaskan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)